Plt Bupati Muba Apresiasi Kemitraan Konservasi antara Balai KSDA Sumsel dengan GAPOKTANHUT

News, Sumsel
Balai KSDA Sumsel , jenis tanaman hutan asli , Jrangkang Hijau Lestari , pemulihan ekosistem , Suaka Margasatwa Dangku

Tungkaljaya, LamanQu.idDalam rangkaian Kunjungan Kerja ke Kecamatan Bayung Lencir, Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi SIP menyempatkan diri hadir langsung menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan Konservasi antara Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Provinsi Sumsel dengan Gabungan Kelompok Tani Hutan (GAPOKTANHUT) Jrangkang Hijau Lestari Desa Sidomulyo Kecamatan Tungkal Jaya.

Penandatanganan perjanjian kerja sama daksanakan di Kantor Resor Konservasi wilayah I Dangku, Rabu (3/11/2021) turut dihadiri anggota DPRD Provinsi Sumsel Susi Imelda Beni, Kapolsek Tungkal Jaya, perwakilan Camat Tungkal Jaya dan para Kades setempat.

Kemitraan Konservasi diinisiasi Kepala Balai KSDA Sumsel, Ujang Wisnu Brata SHut MSc Msi sebagai salah satu bentuk paradigma baru dalam pengelolaan kawasan konservasi. Kepala Balai KSDA Sumsel sendiri telah turun langsung dalam berbagai momen penting perjalanan kemitraan konservasi di wilayah Dangku I, mulai dari sosialisasi, deklarasi, penetapan lokasi pemulihan ekosistem sebagai role model dan pembahasan isi perjanjian bersama.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dengan GAPOKTANHUT Jrangkang Hijau Lestari ini menurut Ujang merupakan langkah awal, bukan tujuan akhir. “Justru dengan ini kita bersama-sama punya komitmen dalam implementasi kemitraan konservasi melalui pemulihan ekosistem,” jelasnya.

Kerjasama yang akan berlangsung selama 5 tahun ini melibatkan sebanyak 76 KK dengan luas areal kemitraan 145,61 hektar. Teknis kegiatan disusun dalam Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT). Hal ini  disambut baik oleh masyarakat GAPOKHUT Jrangkang Hijau dan semua pihak.

“Semoga pelibatan masyarakat dalam ruang lingkup kerjasama yang disepakati memberikan dampak positif bagi berbagai pihak dan kawasan wilayah I Dangku di Kecamatan Tungkal Jaya,” ucapnya.

Plt Bupati Muba menyambut baik dan mengapresiasi Balai KSDA Sumsel atas inisiasi penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan Konservasi dengan masyarakat Muba yang tergabung dalam GAPOKTANHUT Jrangkang Hijau Lestari Desa Sidomulyo Kecamatan Tungkal Jaya.

“Kami Pemkab Muba mengucapkan terimakasih kepada Balai KSDA Sumsel, penandatanganan kerjasama kemitraan konservasi ini langkah yang luar biasa, khususnya bagi warga yang sudah terlanjur menggarap bahkan hidup di wilayah suaka margasatwa Dangku, karena selama ini hukumnya illegal,” ujar Beni.

Ketua PMI Kabupaten Muba ini menyebutkan, perjanjian kerjasama kemitraan konservasi ini tentunya sudah melalui diskusi dan kesepakatan bersama.

“Perlu diperhatikan namanya bermitra sudah seharusnya jangan menang sepihak, harus sejajar dan saling mau mengikuti kesepakatan serta menguntungkan kedua bela pihak. Terimakasih kepada warga Muba yang mau bentuk GAPOKTANHUT, lakukan budidaya pertanian yang benar dan jangan menyalahi aturan, yakinlah insyaallah berkah dan selamat,” pungkas Beni.

Sementara itu Ketua GAPOKTANHUT Jrangkang Hijua Lestari, Widi Subarkah dalam perjanjian kerjasama kemitraan konservasi menyampaikan kewajiban sebagai pihak kedua untuk menaati kesepakatan yang tertuang dalam RPP dan RKT.

“Tidak memperluas areal garapan di luar areal yang dikerjasamakan, menjaga areal kemitraan konservasi dari kebakaran, perburuan, penebangan pohon dan gangguan kawasan lainnya oleh pihak luar, Melakukan pemulihan ekosistem pada areal kemitraan konservasi melalui penanaman jenis tanaman hutan asli setempat, Melakukan pengembangan bibit jenis hasil hutan bukan kayu asli atau endemik dalam rangka pemulihan ekosistem melalui restoking atau enrichment pada lokasi kemitraan konservasi yang mengalami kerusakan,” paparnya.