Herman Deru Dorong Bupati/Wako Prioritaskan Program Kesejahteraan Masyarakat 

News, Sumsel
HUT ke 20 tahun Kota Prabumulih , mensejahterakan masyarakat , peningkatan infrastruktur , prioritaskan program pembangunan , Sumsel Mandiri Pangan

Prabumulih, LamanQu.idGubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendorong kepala daerah memprioritaskan program pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Menurut Herman Deru yang menjadi tolak ukur kesusksesan seorang kepala daerah adalah tercapainya kesejahteraan rakyat yang ditandai dengan turunnya angka kemiskinan.

“Saya ingin kita samakan persepsi. Tolak ukur kesusksesan suatu daerah bukan hanya pembangunan fisik saja, tetapi juga data non fisik yakni turunnya angka kemiskinan,” tegasnya pada  sidang peringatan HUT ke 20 Kota Prabumih yang digelar dalam Paripurna Istimewa DPRD Kota Prabumulih,Minggu (17/10/21) petang.

Momen hari jadi Kota Prabumulih ke 20 menjadi momentum untuk  melakukan introspeksi diri, apa saja yang telah, sedang dan akab diperbuat selama 20 tahun terakhir.

“Dalam kurun 20 tahun tersebut, tentu ada yang membanggakan.  Namun ada juga yang belum terealisasi. Kesempatan kita jadikan momen untuk lebih baik lagi dalam membangun  daerah yang bermuara pada  kesejahterakan rakyat,” paparnya.

Herman Deru menegaskan, jika bicara terkait dengan  kesejahteraan rakyat tidak dapat dipisahkan dengan kondisi ekonomi. Karena itu  yang menjadi perhatian   utama adalah peningkatan pendapatan masyarakat.

“Walikota Prabumulih sudah berusaha keras untuk menjadikan Prabumulih memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai upaya mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Gubernur, Herman Deru menyebut pembangunan infrastruktur yang baik juga  tidak bisa dilepaskan sebagai faktor penting dalam mensejahterakan masyarakat.

“Infrastruktur akan memberikan kemudahan akses masyarakat. Sehingga masyarakat dimudahkan dalam melakukan aktifitas perekonomian,” ucapnya.

Dia juga mengajak Pemda untuk tidak pernah jemu untuk terus  mengingatkan masyarakat jangan  menjadi masyarakat yang  dari konsumtif. Karena itu dia meminta peran serta Pemkab/pemkot

untuk mendukung terwujudnya Sumsel Mandiri Pangan (SMP) sehingga bermuara berkurangnya kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya ucapkan selamat HUT ke 20 Kota Prabumulih. Prestasi Kota Prabumulih sudah sangat baik. Provinsi siap untuk ada dan membantu terutama untuk peningkatan infrastruktur dan mensejahterakan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu Walikota Prabumulih, Ridho Yahya mengatakan, peringatan HUT ke 20 tahun Kota Prabumulih dilakukan dalam situasi pandemi Covid-19 dengan prokes ketat. Peringatan ini  sebagai bentuk syukur di usia 20 tahun.

“Kota Prabumulih membutuhkan dukungan seluruh komponen agar menjadi lebih baik dimasa mendatang,” ucapnya.

Dijelaskannya, ada 14 program unggulan Pemkot Prabumulih seperti pembangunan rumah tak layak huni, pembangunan rumah komunitas, penolakan eksplorasi batubara, pembangunan jaringan gas rumah tangga, PEP Akamigas, pengembangan UKM dan pelatihan, pembekalan dan bantuan alat usaha.

“Selain itu, pembangunan dan rehabilitasi rumah ibadah, wajib baca, tulis dan baca Qur’an, khitanan ke rumah masyarakat, mobil jenazah gratis, isbat nikah, pemberian insentif pekerja sosial dan kota 1.000 Biofloc,” imbuhnya.