LKM Ajang Mahasiswa dan Pelajar Berikan Ide dan Gagasan

News, Pendidikan
final LMK kategori Perguruan Tinggi , Grand Final Lomba Menulis Kritis , kontribusi energi pada jalan bebas hambatan , solusi menangani ketidakstabilian energi

Palembang, LamanQu.idBadan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Unsri menyelenggarakan Lomba Menulis Kritis (LMK) tahun 2021 yang diikuti mahasiswa dan siswa SMA, SMK dan MA se Indonesia. Grand Final dilaksanakan secara virtual bertempat di Gedung 1 Fakultas Teknik Unsri, Jumat (15/10/2021).

Dekan Fakultas Teknik Unsri Prof Dr Eng Ir Joni Arliansyah MT mengatakan, Lomba Menulis Kritis (LMK) dilaksanakan setiap tahun dan tahun ini memasuki tahun ke 5. Lomba menulis terkait engenering dan sosial masyarakat. Tahun ini kategori lomba meliputi pembelajaran efektif di masa new normal, pengoptimalan pariwisata Indonesia di masa new normal, peluang transisi energi baru di masa new normal dan strategi peningkatan kesejahteraan ekonomi.

“Untuk peserta diikuti seluruh Perguruan Tinggi se Indonesia dan siswa SMA, SMK dan MA se Indonesia. Yang masuk final untuk Perguruan Tinggi adalah UIN Walisongo Semarang, Unsri, Institut Teknologi Bandung, Polsri, Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Pendidikan Indonesia,” ujarnya.

Sedangkan untuk kategori SMA, SMK MA diantaranya SMAN 6 Surabaya, SMAN 2 Surakarta, SMAN 1 Badegan Ponorogo, SMAN 2 Talang Ubi Pali dan MAN Insan Cendikia OKI.

“Dengan adanya Lomba Menulis Kritis ini, mahasiswa dan pelajar bisa memberikan ide atau gagasannya. Misalnya memberikan sistem secara online. Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa kita arahkan untuk kritis tidak hanya soal politik saja. Tapi bisa menuliskan ide, dan gagasannya,” bebernya.

“Melalui lomba ini, mahasiswa belajar berorganisasi, jadi tidak memikirkan diri sendiri. Dan mereka ada kreativitas, ” tandasnya.

Judul yang dibuat oleh peserta yang masuk dalam final LMK kategori Perguruan Tinggi diantaranya Turbine in tol sebagai kontribusi energi pada jalan bebas hambatan Palembang-Indralaya. Kemudian judul corection : intalasi reaktor biogas limbah ikan pesisir pantai sebagai solusi menangani ketidakstabilian energi pasca pandemi Covid-19.