Herman Deru : Sumsel Butuh SDM Berdaya Saing Tinggi

News, Pendidikan
Grand Final Lomba Menulis Kritis , kreatifitas dalam menulis kritis , mahasiswa harus istiqomah , sikap kritis mahasiswa

Palembang, LamanQu.idGubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru menyambut baik digelarnya lomba menulis kritis yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya. Sebab melalui kegiatan ini diarapkan akan mengasah sikap kritis mahasiswa ditengah pesatnya kemajuan teknologi dewasa ini. Sehingga akan tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi.

“Kemajuan teknologi sekarang memang seharusnya kita manfaatkan dengan baik, maanfatkan dengan belajar sehingga kita bisa menjadi lebih siap untuk menjadi SDM yang mampu berdaya saing,” ucap Herman Deru ketika menghadiri acara Grand Final Lomba Menulis Kritis 2021 Generasi Emas Indonesia yang dilaksanakan di Aula Fakultas Teknik universitas Sriwijaya, Jumat (15/10).

Dalam lomba menulis kritis yang digelar selama dua hari dari tanggal 15 hingga 16 Oktober 2021 dengan tema “Mengasah Kreativitas Emas Indonesia di Masa New Normal Untuk Masa Depan Bangsa” tersebut, Gubernur Herman Deru menyebut menulis kritis dan konstruktif merupakan hal yang begitu penting bagi para pelaku dan pembuat kebijakan.

Ajang ini juga dinilainya penting sebagai wadah mengasah dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam membuat karya tulis sekaligus dapat menambah pengetahuan baru terkait dengan persoalan yang dikritisi.

“Melalui kegiatan ini kalian bisa mengasah kreatifitas dalam menulis kritis sesuai dengan topik yang akan ditulis,” imbuhnya.

Lebih lanjut Herman Deru mengajak mahasiswa fakultas teknik untuk tetap istiqomah dengan ilmu yang dipelajarinya mengingat bangsa Indonesia sangat membutuhkan tenaga ahli dibidang teknik. Sehingga diharapkan dimasa mendatang bangsa ini tidak perlu lalu mendatangkan para tenaga ahli engineering dari luar negeri.

“Yang paling fundamental mahasiswa harus istiqomah dalam belajar dan tidak menyimpang dari jurusan yang telah diambil,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Rektor III Universitas Sriwijaya, Iwan Stia Budi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya untuk Gubernur Herman Deru yang telah berkenan hadir dalam acara tersebut. Diapun memaparkan kegiatan Lomba Menulis Kritis 2021 bertujuan untuk mendorong mahasiswa menghasilkan karya tulis yang diharapkan dapat meningkatkan SDM Sumsel.

“Kita harapkan hasil dari lomba ini karya tulisnya dapat menjadi buah pemikiran bagi para pemangku kebijakan sebagai bentuk sinergitas dalam membangun Sumsel,” terangnya.

Turut hadir Plh. Asisten III Bidang Administrasi & Umum, Drs. Nelson Firdaus., M.M, Kasat Pol PP Prov. Sumsel, M. Aris Saputra,S.Sos, M.Si, Karo Humas dan Protokol, Rika Efianti, SE, MM, Karo Umum dan Perlengkapan, Sandi Fahlepi, SP, M.Si, Wakil Rektor II Universitas Sriwijaya Iwan Stia Budi, Wakil Dekan II Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya Dr. Bhakti Yudho, Wakil Dekan II Fakultas Teknik Iniversitas Sriwijaya Widya Fransiska, ST.