Wisata Air Danau Ranau Hingga Sosialisasi Keselamatan Dari Dishub dan Jasaraharja

  • Whatsapp
Suasana Sosialisasi Dishub dengan Jasaraharja Lokasi wisata Danau Ranau
Suasana Sosialisasi Dishub dengan Jasaraharja Lokasi wisata Danau Ranau

Muaradua, LamanQu id—Danau Ranau salah satu objek wisata yang ada di Sumatra Selatan dikenal dengan keindahan panorama serta ramah lingkungan nya jadi tak heran objek wisata ini selalu dikunjungi wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Ketika berkunjung ke Danau Ranau ini, pengunjung  selain bisa menikmati pemandangan serta hidangan kuliner yang tersedia, misalnya saja iwak gurami khas Danau Ranau yang disajikan dengan aneka sajian mulai iwak gurami panggang hingga lelecap. Nah di sekitar danau Ranau juga  menyajikan wisata Air, baik itu perahu (boat) hingga Jet sky juga disuguhkan guna memanjakan  para pengunjungnya.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Bangun Ekosistem Hukum dan Birokrasi yang Kondusif Bagi Dunia Usaha

Maka dengan geliat aktivitas sedemikian rupa hingga situasi capaian Herd Immunity  makin mendekati ke angka cukup signifikan, namun Prokes tetap sebisa mungkin menjadi syarat utama ketika memasuki kawasan wisata Danau Ranau tersebut.

Sosialisasi Kendaraan Bermotor Sungai Danau Oleh  Dishub Oku Selatan dan Jasa raharja Perwakilan Oku

Namun begitu, seperti disebutkan yang menjadi salah satu daya tarik lazim nya wisata air dimana pun itu adanya ketika melibatkan kendaraan sungai dan danau pastinya melibatkan dinas terkait dalam hal ini adalah dinas perhubungan (Dishub).

Guna mengantisipasi segala sesuatu nya terkait dengan keselamatan di sungai dan danau pemerintah juga telah memikirkan segala sesuatu nya mulai dari factor penyebab dan akibatnya, maka guna memberi rasa aman beroperasinya Kendaraan bermotor sungai dan danau di Danau Ranau, Dishub Oku Selatan melakukan sosialisasi tentang Keselamatan Pengendara atau Kapten sendiri dan juga penumpang dalam hal ini para pengunjung Wisata.

Baca Juga :  Popo Inginkan Grand Fondo November Mendatang Lebih Sukses Lagi

Mengingat pentingnya keselamatan pengunjung dan dan para penumpang  ini maka sudah diatur dalam undang undang  NO 33 Tahun 1964 pemerintah telah memprogram perlindungan terhadap penumpang alat angkutan umum.

Suasana Sosialisasi Dishub dengan Jasaraharja Lokasi wisata Danau Ranau
Suasana Sosialisasi Dishub dengan Jasaraharja Lokasi wisata Danau Ranau

Kepala Dinas  Perhubungan OKU Selatan Antoni mengatakan  pentingnya akan keselamat ini maka kepala dan pemerintah setempat membuat peraturan dan memberikan izin.

“Sebelum diberikan izin kata Toni, “Kita harus melakukan verifikasi salah satu nya harus mengecek kendaraan Motor air yang akan beroperasi di Danau Ranau, “ terangnya di acara sosialisasi tersebut, Kamis, (07/10/2021)

“Mengingat begitu penting keselamatan  apalagi sudah diatur oelh Negara, maka prosedurnya harus kita jalankan, “singkanya.

Baca Juga :  Indonesia National Disaster Mitigation Agency (BNPB) Speaks Palu and Donggala, Risen to 832 Victims

Hadir juga dalam sosialisasi tersebut Kepala Cabang Jasa Raharja  Oku (Baturaja) Krisno Adi menjelaskan bahwa Pemerintah memberikan jaminan melalui Jasaraharja yang mana sudah ditetap dalam undang undang.

“Sesuai Peraturan menteri keuangan No.15 & 16 tahun 2017 nilai yang dapat santunan yang disebabkan kecelakaan motor air, dengan rincian besaran meninggal dunia 50 jt, serta  sebesar 4  juta biaya santunan penguburan bagi tanpa ahli waris, kemudian juga sebesar maksimal 20 juta untuk korban luka luka, sedangkan santunan kecelakaan berakibat cacat tetap akan diberikan sebesar 50 juta rupiah ” ujar kepala perwakilan Jasa raharja OKU itu.

Namun begitu dia mengingatkan hanya bagi kendaraan yang mengikuti aturan pemerintah termasuk bagi pemilik motor air diperuntukan untuk umum dan juga digunakan sebagai alat berusaha.(tisna)

baner perkot tentang vaksinasi, vaksinasi dan prokes 5m banner pemkot muba, selamat idul adha

Pos terkait