Kampung Kreatif Sugi Waras Diharapkan Bisa Menambah Penghasilan Keluarga

  • Whatsapp
meraih juara pertama, Kampung Kreatif Sugi Waras, Penganugrahan Kampung Kreatif, Lomba PKK Tingkat Palembang

Palembang, LamanQu.idSugi Waras berhasil meraih juara pertama pada Penganugrahan Kampung Kreatif Kota Palembang tahun 2021 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Palembang. Dengan prestasi tersebut, Lurah Talang Jambe akan menjadikan Sugi Waras menjadi destinasi wisata agar perekonomian warga RT 06 RW 02 bisa meningkat.

Lurah Talang Jambe Asrahuddin. SE. MSI mengatakan, sejak tahun lalu RT 06 RW 02 Kelurahan Talang Jambe ini dibentuk dan diedukasi oleh Bapak Camat Sukarami untuk menjadi destinasi wisata karena lingkungannya yang asri.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulilah masyarakat disini kompak dan didukung RT serta RW, Lurah dan Camat Sukarami. Warga kompak menciptakan keasrian dengan menanam tanaman di polibag di pekarangan rumahnya, termasuk tanaman toga seperti jahe, kunyit dan tanman bunga,” ujarnya.

Baca Juga :  Ribuan Massa Buruh Kepung Gedung Sate Bandung

Selain itu, warga disini juga kompak memanfaatkan botol bekas untuk menjadi pot bunga yang digantung. Dan botol bekas dibuat menjadi gapura.

Lebih lanjut Asrahuddin menuturkan, Sugi Waras tahun ini menjadi juara pertama pada lomba PKK tingkat Palembang. Oleh sebab itu, kita terus mengembangkan kretivitas warga dengan memberikan edukasi ke warga untuk ternak ikan gurame, ikan patin, ikan sepat siam dan budidaya ikan belido. Selain itu, warga juga ada spot ternak ayam bangkok import, beternak kambing dan membuat kolam apung.”Disini juga ada lahan tani yang dikelolah petani milenial,” ucapnya.

Untuk meningkatkan pendapatan ibu rumah tangga, lanjut Asrahuddin, disini juga ada UMKM yang menjual makanan seperti keripik, kerupuk dan lainnya.

Baca Juga :  Pemprov Sumsel Maksimalkan Pengawalan Distribusi Oksigen Medis untuk RS Rujukan Covid 

“Di RT 06 ini juga membangun poskamling tempat gerai UMKM dan tempat rapat pemuda dan warga,” bebernya.

“Kemaren ada kunjungan dari Poltekes Palembang yang mengajak untuk budidaya tanaman kelor. Dengan tujuan untuk membuat produk mie dari kelor dan teh kelor. Program ini sedang berjalan,” katanya.

Asrahuddin menjelaskan, pihaknya sudah mendapat bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Pertamina untuk membuat biogas dari kotoran hewan. “Saat ini untuk tahap awal baru tiga rumah yang menggunakan biogas tersebut. Kalau hasilnya biogas lebih murah dan lebih hemat dari gas 3 Kg, maka akan disalurkan ke seluruh warga,” bebernya.

Asrahuddin mengungkapkan, setelah menang dalam dua kali perlombaan tahun ini, pihaknya tidak hanya menargetkan mendapat piala saja. Namun kedepan, dapat mengembangkan Sugi Waras menjadi destinasi wisata.

“Nanti akan kita buat taman wisata disini, seperti tempat joging track yang ditata dengan tanaman hias. Kita juga berharap banyak stakeholder yang mendukung program Pak Walikota Palembang dalam mengembangkan Palembang menjadi destinasi wisata. Karena dengan adanya destinasi wisata maka akan meningkatkan perekonomian warga,” tandasnya.

Baca Juga :  Di Muara Enim, Hari Ibu Pejabat Lombah Nasi Goreng

Sebelumnya, Camat Sukarami Muhamad Fadly. S. STP. MAP menuturkan, pihaknya bekerjasama dengan beberapa pihak dan masyarakat dalam mewujudkan Kampung Kreatif di Sugi Waras di Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami. Arti dari Sugi Waras sendiri adalah sehat dan kaya. “Harapan kita kampung ini sesuai dengan namanya warganya sehat dan sejahtera,” ucapnya.

“Kita akan selalu kompak dan kreatif agar bisa membentuk kampung kreatif lainnya di Kecamatan Sukarami. Untuk saat ini yang kita bentuk Kampung Sugi Waras, kedepan kita akan cari tempat lain untuk bisa dikembangkan menjadi Kampung Kreatif,” tandasnya.

baner perkot tentang vaksinasi, vaksinasi dan prokes 5m

Pos terkait