Toyota Belta, Sedan Kembaran Suzuki Ciaz

Otomotif
Sedan Suzuki Ciaz , Sedan Yaris versi Jepang , Toyota Belta

LamanQu.id – Mobil Suzuki yang diganti emblemmnya menjadi Toyota kelihatannya bukan hanya Glanza (basis Suzuki Baleno) dan Urban Cruiser (basis Suzuki Vitara Brezza).

Proyek rebadge ini dilaporkan berlanjut ke Belta yang berbasis sedan Suzuki Ciaz.

Gaadiwaadi mengungkap foto spyshot mobil yang dipercaya Belta berwarna merah. Hal ini dikatakan menjadi bukti bahwa pabrik Maruti Suzuki di India sudah memproduksinya.

Belta menggunakan desain persis Ciaz yang berbasis platform Heartect, secara garis besar terlihat hanya emblemnya saja yang berbeda. Meski begitu Belta punya beberapa detail unik seperti gril dan pelek.

Di kabin bisa diduga Belta punya fitur-fitur replikasi Ciaz seperti monitor layar sentuh SmartPlay dengan Apple CarPlay dan Android Auto, instrument cluster semi-digital, dua airbag, serta ABS.

Bagian mesin juga diperkirakan sama seperti Ciaz, yaitu K15B 1.500 cc 4-silinder bertenaga 103 hp dan torsi 138 Nm. Tersedia transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Belta diduga bakal dijual di rentah harga yang sama seperti Ciaz di India yang artinya bersaing dengan Honda City, Hyundai Verna, Skoda Rapid, dan Volkswagen Vento.

Belum ada konfirmasi dari Suzuki ataupun Toyota atas hal ini.

Nama Belta menarik sebab pernah digunakan sebagai sedan Yaris versi Jepang. Belta pertama kali dijual di Jepang pada 2005, lalu dijual menggunakan nama sedan Yaris atau Vios di negara lainnya seperti Indonesia.

Suzuki pernah menjual Ciaz di Indonesia mulai 2015 namun dihentikan pada 2018.