Bawa Sabu Seberat 9 Kg, Dua Kurir Lintas Provinsi di Tuntut Hukuman Mati

Hukum, Kriminal
BNN Provinsi Sumatera Selatan , kurir narkoba , Narkotika jenis sabu

Palembang, LamanQu.idDua terdakwa yang diduga sebagai kurir narkoba yakni Heru Suminto bin Kliwon dan Gantara Nugraha bin Bambang Edi yang merupakan warga Provinsi Riau kembali jalani sidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Palembang dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum, Selasa (21/9/2021).

Dihadapan majelis hakim yang dipimpin Harun Yulianto, SH.MH, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel Desmalita, SH membacakan tuntutannya terhadap kedua terdakwa.

Dalam tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menjelaskan bahwa perbuatan kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan pemufakatan jahat tanpa hak dan melawan hukum menjadi perantara dalam jual beli narkoba sebagaimana diatur dalam pasal 114 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Atas perbuatan keduanya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menjatuhkan tuntutan pidana terhadap kedua terdakwa masing-masing dengan pidana mati.

“Menuntut agar majelis hakim mengadili dan menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Heru Suminto bin Kliwon dan terdakwa Guntara Nugraha bin Bambang Edi dengan hukuman pidana mati,”tegas Desmalita saat bacakan tuntutan.

Usai mendengar tuntutan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel, Majelis Hakim menunda jalannya persidangan sampai pekan depan dengan agenda pembelaan (pledoi).

“Sidang ditunda sampai pekan depan dengan agenda pledoi,”tutup Harun.

Terpisah, penasehat hukum kedua terdakwa Megaria, SH dari Posbakum PN Palembang mengatakan pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan para terdakwa guna menyiapkan nota pembelaan untuk persidangan pekan depan.

“Ya nanti kami akan berkoodinasi terlebih dahulu dengan para terdakwa untuk pembelaan pekan depan,”ungkap Megaria saat dikonfirmasi usai sidang.

Untuk diketahui keduanya ditangkap oleh Tim dari BNN Provinsi Sumatera Selatan di Area KM 277 Desa Rota Mulya Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten OKI pada tanggal 23 Maret 2021 lalu.

Pada saat dilakukan penggeledahan di dalam mobil xenia warna hitam plat BM 1859 JW yang dikendarai kedua terdakwa, berhasil ditemukan barang bukti berupa satu buah karung berisikan 9 bungkus narkotika jenis sabu dengan berat 9004,900 gram.

Pada saat di interogasi kedua terdakwa mengaku bahwa narkoba tersebut milik seseorang bernama Selamet (DPO) asal Provinsi Riau untuk diantarkan ke daerah Lempuing, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan.

Selanjutnya kedua terdakwa beserta barang bukti dibawa ke BNN Provinsi Sumatera Selatan untuk pemeriksaan lebih lanjut.