Tempat Wisata Berstandar CHSE di Jabar

Nasional, News
Aplikasi Peduli Lindungi , standar Cleanliness , Tempat Wisata di Jawa Barat

LamanQu.id – Terdapat enam tempat wisata di Jawa Barat (Jabar) yang sudah memenuhi standar Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE).

Hal ini berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jabar.

Keenam tempat wisata tersebut, yakni Jbound (Kota Bogor), Taman Safari (Kabupaten Bogor), The Lodge (Kabupaten Bandung Barat), Saung Angklung Udjo (Kota Bandung), serta Glamping Lakeside dan Kawah Putih (Kabupaten Bandung). Selain objek wisata, ada 306 hotel dan restoran di Jabar yang juga dinilai sudah memenuhi standar CHSE.

Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik mengatakan, bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Jabar, syarat utama yang harus dipenuhi yakni sudah divaksin dan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Syarat utama itu vaksin, pastikan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Pastikan juga pemesanan melalui aplikasi semua selain siapkan antigen di tempat wisata karena pasti di destinasi juga ada screening. Agar aman, cari juga tempat yang sudah CHSE,” kata Dedi, Sabtu (18/9/2021).

Dedi pun tak menampik jika penurunan kasus Covid-19 cukup dilematis bagi sektor wisata. Di satu sisi, pihaknya khawatir terjadi revenge tourism atau wisata balas dendam yang berpotensi meningkatkan kasus Covid-19, namun di sisi lain roda ekonomi harus tetap berjalan.

“Memang dilematis, tapi yang jelas pengunjung harus taat prokes, tetap waspada. Pengelola objek wisata pun harus taat aturan,” tegas Dedi.

Di sisi lain, Dedi mengusulkan kepada pemerintah pusat agar aplikasi Peduli Lindungi bisa memuat kapasitas.