Jenis Ikan Paling Sehat dan Kaya Nutrisi

Discovery
ikan air tawar , ikan kaya nutrisi , jenis ikan paling sehat , makanan laut yang paling sehat

LamanQu.id –  Ikan merupakan makanan yang baik dikonsumsi karena kandungan nutrisi yang tinggi. Studi menunjukkan ikan memiliki kandungan lemak jenuh yang paling sedikit dibandingkan hewan lain. Ikan juga kaya vitamin D dan B serta mineral seperti zat besi, kalium, dan kalsium.

Kandungan penting lainnya yang terdapat dalam ikan adalah asam lemak omega-3. Kandungan ini baik untuk sel, kesehatan jantung, dan sistem kekebalan tubuh.

Dari banyak jenis ikan di laut dan air tawar, ikan apa yang paling sehat di dunia?

Berdasarkan kandungan gizi, terutama omega-3, ikan yang paling sehat di dunia adalah salmon.

“Ikan berlemak dari air dingin adalah sumber omega-3 yang lebih baik,” kata profesor ilmu pangan Mary Ellen Camire

NIH merekomendasikan pria mengonsumsi 1,6 gram dan 1,1 gram omega-3 untuk wanita setiap hari. Kandungan omega-3 pada semua jenis salmon melebihi rekomendasi tersebut. Paling banyak omega-3 terdapat pada Salmon Chinook Alaska yang dikenal dengan raja salmon, Coho salmon, salmon sockeye.

Selain salmon, jenis ikan paling sehat lainnya adalah ikan trout.

“Trout tidak mengandung omega-3 sebanyak salmon, tapi ini baik,” kata Camire.

Selain itu, ikan tuna juga kaya akan omega-3. Namun, dari perspektif lingkungan ikan tuna sulit didapatkan secara berkelanjutan. Selain itu, ikan tuna juga dapat mengandung merkuri yang tinggi.

Sebagai pengganti tuna, para ahli nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi cakalang dan ikan albacore. Dua jenis ikan ini juga kaya akan omega-3.

Sementara sarden dan makarel juga kaya omega tiga, tapi tidak direkomendasikan karena bukan opsi yang ramah lingkungan lantaran penangkapan ikan yang berlebihan.

Selain salmon, makanan laut yang paling sehat lainnya adalah tiram, remis, dan kerang. Tiga jenis makanan laut ini juga mengandung omega-3 yang tinggi. Itulah jenis ikan paling sehat dan kaya nutrisi.