SD dan SMP di Palembang Siap Laksanakan PTM 6 September

News, Pendidikan
melakukan PTM secara terbatas , pembelajaran tatap muka , prasarana protokol kesehatan

Palembang, LamanQu.idDinas Pendidikan Palembang telah memberikan izin kepada 120 sekolah yang boleh melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas pada senin (6/9/2021). Izin ini diberikan setelah melalui pemeriksaan sarana dan prasarana serta kesiapan di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) kota Palembang Ahmad Zulinto melalui Kabid SMP, Husodo Alfian mengatakan, pada pelaksanaan PTM terbatas, sekolah harus mempersiapkan segala sarana dan prasarana protokol kesehatan.

“Untuk tahap awal, ujicoba akan dilakukan satu minggu dulu dan jika selama berjalannya waktu tidak ada masalah, baru dilakukan penambahan pembukaan sekolah-sekolah lainnya hingga bisa dibuka semuanya,” ujarnya saat diwawancarai diruang kerjanya, Jumat (3/9/2021).

“Sekolah wajib menerapkan prokes ketat, menyediakan pengukur suhu badan, tempat cuci tangan, masker dan handsanitizer,” katanya.

Dia menjelaskan, bukan hanya sekolah yang menerapkan prokes ketat, namun siswa yang akan ikut PTM harus lebih dulu mendapatkan izin dari orang tuanya.

“Ada 120 sekolah negeri maupun swasta tingkat SD dan SMP yang akan melakukan PTM secara terbatas dimulai tanggal 6 September,” bebernya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kesiapan dari masing-masing sekolah dan tim pengawas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan satuan gugus tugas (Satgas) Covid-19 Kota Palembang.

Untuk diketahui, setidaknya ada 30 SMP Negeri dan 60 SMP swasta yang masih dalam penilaian pengawas. Sedangkan untuk tingkat SD, dalam setiap kecamatan di Kota Palembang akan dibuka lima sekolah dan untuk tingkat PAUD/TK ada tiga sekolah setiap kecamatan menggelar PTM.