Riza Pahlevi : Perlombaan KOSN dan FLS2N Ajang Menumbuhkan Mental dan Semangat Siswa

News, Sumsel
Kompetisi Olahraga Siswa Nasional , Lomba Seni Siswa Nasional , perlombaan ditingkat nasional

Palembang, LamanQu.idKepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs Riza Pahlevi,MM menghadiri penutupan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2021 yang digelar secara daring di aula Handayani, Rabu (28/7/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs Riza Pahlevi,MM mengatakan, Alhamdulilah kegiatan di bidang SMK yakni Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) sudah berjalan lancar walaupun digelar secara daring.

“Hari Senen kemaren pembukaannya, hari ini penutupannya dan semua juara sudah diumumkan. Walaupun digelar dalam kondisi covid-19, dan kegiatan digelar secara daring. Semua siswa tetap semangat,” ujarnya.

Lebih lanjut Riza menuturkan, dengan adanya seleksi ini walaupun dilaksanakan dengan daring, tidak mengurangi kualitas. “Saya titip pesan, bagi yang menang jangan sombong. Bagi yang kalah jangan rendah hati. Yang terpenting adalah juara satu, juara dua dan juara tiga berkolaborasi. Karena juara satu akan dikirim ke tingkat nasional, maka juara dua dan juara tiga ikut memberi dukungan agar hasilnya luar biasa,” bebernya.

Riza menjelaskan, juara satu nanti akan dibina sebelum dikirim ketingkat nasional. Walaupun semua dilakukan dengan cara daring, tidak mengurangi semangat anak anak berlatih.

“Tahun lalu kita cuman satu dapat juara ditingkat nasional. Tahun ini mudah mudahan bertambah lagi jumlah medali yang kita peroleh. Tapi tujuan utama kita adalah menumbuhkan mental anak agar memiliki semangat tinggi, tapi rendah hati dan tidak sombong,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid SMK Disdik Sumsel Mondyaboni menambahkan, setelah pengumuman pemenang maka Bidang SMK akan melakukan pembinaan. Tujuannya agar hasilnya maksimal ketika siswa mengikuti perlombaan ditingkat nasional.

“Tahun lalu, kita ada satu yang menjadi juara satu untuk perlombaan permainan tradisional. Tahun ini kita berharap bisa bertambah lagi siswa SMK dari Sumsel menjadi juara ditingkat nasional,” ucapnya.

Mondyaboni menuturkan, untuk bidang lomba Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2021 yakni menyanyi solo, musik tradisi daerah, seni lukis, film fiksi, film dokumenter, monolog, cipta lagu, gitar solo, dan tari tradisional. Untuk bidang lomba Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) yakni Silat kategori Putra dan Putri dan karate kategori putra dan putri. Perlombaan diikuti 297 SMK negeri dan swasta se Sumsel.

“Seleksi dilakukan secara daring, dengan juri profesional. Sehingga didapat atlet terbaik untuk KOSN dan siswa terbaik FLS2N tingkat provinsi, yang nantinya akan dikirim untuk berlomba ditingkat nasional,” pungkasnya.