Pilihan Investasi Milenial Sebelum Usia 30 Tahun

Ekobis, Kabar Ekonomi
kestabilan finansial , mapan secara ekonomi , stabil secara finansial

LamanQu.id – Mapan secara ekonomi sebelum usia 30 tahun menjadi dambaan banyak milenial atau anak muda. Namun, menjadi mapan secara ekonomi sebelum usia 30 tahun itu bukan perkara mudah dalam realisasinya.

Pada dasarnya mapan secara ekonomi sama artinya dengan stabil secara finansial. Adapun salah satu kestabilan finansial ini dapat dilihat dari pengelolaan keuangan yang tak mengaikan investasi.

Investasi menjadi bagian penting bagi anak muda untuk kestabilan ekonomi yang lebih baik di masa depan dan akan lebih bagus lagi kalau tergapai sebelum usia 30 tahun.

Bicara soal investasi bagi kalangan anak muda, ada beberapa jenis investasi yang bisa dijadikan alternatif pilihan untuk dijalani. Apa saja investasi-investasi tersebut?

  1. Bisnis Toko Online

Bisnis toko online termasuk dalam investasi dan saat ini tidak sedikit milenial yang menggeluti bisnis toko online. Apalagi di tengah pandemi saat ini, bisnis online menjadi moment istimewanya. Banyak orang memburu apapun secara online di tengah PPKM Darurat yang mewajibkan masyarakat untuk tinggal di rumah. Kondisi ini membuka peluang besar bagi milenial untuk menjual apapun secara online. Dengan modal yang tidak terlalu besar, bisnis online banyak dirintis anak muda di masa pandemi Covid-19 ini. Modal untuk ivestasi di sektor bisnis ini juga relatif terjangkau karena bisa dimulai dengan hal-hal yang kecil dan dibutuhkan di masa pandemi Covid-19. Toko online saat ini pun cukup efisien karena beberapa cukup memanfaatkan jaringan sosial media yang dimiliki datau memanfaatkan platform lapak-lapak online untuk mempromosikannya.

  1. Bisnis Coffee Shop

Kendati saat ini sedang pandemi Covid-19, kalau diperhatikan dengan jeli maka di beberapa sudut kota berdiri Coffee Shop mini yang mencari keberuntungan di tengah kelesuan ekonomi. Coffee shop – coffe shop ini kebanyakan dikelola anak-anak muda. Dengan modal yang relatif tidak sedikit, investasi bisnis di coffee shop bisa dimulai di masa pandemi saat ini, tetapi tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan hanya melayani minum di tempat.

  1. Investasi Tanah, Rumah atau Apartemen

Investasi sektor properti bisa dimulai di masa pandemi mengingat sektor properti juga sedang lesu sehingga harganya pun menurun. Tidak harus selalu rumah atau apartemen dengan kategori mewah, rumah atau apartemen yang sederhana atau kost sekali pun bisa menjadi investasi kamu buat masa depan. Ke depan properti ini bisa dikontrakkan sehingga bisa jadi penghasilan tambahan selain gaji. Selain itu, tanah juga bisa dijadikan pilihan, kendati termasuk tidak murah. Kendati demikian, nilai tanah juga terus naik setiap tahunnya, apalagi lokasinya strategis.

  1. Investasi Emas

Investasi emas banyak memikat masyarakat, khususnya dari kalangan kaum Hawa. Emas dekat dengan kaum perempuan untuk perhiasan jam tangan, anting, kalung, gelang hingga cincin. Menariknya, emas kini bisa dijadikan sarana investasi dalam bentuk emas batangan. Investasi emas cukup favorit bagi kalangan ibu-ibu sehingga tak ada salahnya dijadikan sarana investasi gadis milenial.

  1. Reksa Dana dan Saham

Investasi di pasar modal yang kesannya mahal sehingga butuh dana besar adalah reksa dana dan saham, namun kesan itu akan luluh dengan sendirinya manakala mempraktikannya langsung. Investasi reksa dana dan saham yang justru sedang booming saat ini di kalangan milenial, ternyata selain mudah juga sangat terjangkau. Investasi reksa dana dan saham, semisal dengan aplikasi IPOT besutan sekuritas karya anak bangsa dengan tagline #SemuaBisaInvestasi yakni Indo Premier, sudah sangat terjangkau. Dengan modal Rp100.000 saja milenial sudah bisa memulai investasinya dan berpeluang mendapatkan cuan yang besar secara persentase seperti halnaya investor yang masuk dengan modal gede.