Penyebab Ban Mobil Kempes, Namun Tidak Bocor

Otomotif
mengisi angin ban mobil , penyebab ban mobil kempes , tutup pentil ban mobil

LamanQu.id – Pemilik kendaraan harus menyadari bahwa ternyata terdapat banyak faktor yang mempengaruhi ban menjadi kempis selain timbulnya kebocoran.

Berikut ini penyebab ban kempis namun tidak terjadi bocor:

  1. Pentil ban sudah rusak

Hal sepele seperti ini terkadang membuat kebanyakan pengendara jengkel akibat selalu mondar-mandir ke toko ban untuk mengisi angin pada ban mobilnya. Di telusuri lebih lanjut ternyata penyebabnya pada pentil atau lubang angin pada ban yang sudah rusak atau getas, sehingga angin pada ban terbuang sia-sia dengan cepat dan selanjutnya ban akan kempes kembali.

  1. Velg peyang

Ini merupakan satu kesatuan dalam ban yaitu Velg mobil. Jika velg mengalami kerusakan atau peang maka berdampak juga bagi ban mobil Anda sehingga akibatnya ban mobil menjadi kempis. Hal itu dikarenakan velg yang peyang tidak bisa menempel dengan rapat pada ban, sehingga yang terjadi angin pada ban keluar dari celah yang tidak rapat itu.

  1. Mobil diparkir terlalu lama

Hal tersebut juga bisa menjadi faktor yang mengakibatkan ban menjadi kempes loh. Pasalnya dalam hukum fisika menurut Gay-Lussac, ada pernyataan bahwa di dalam ruang tertutup dan volume dijaga tetap, maka tekanan gas sebanding dengan suhu gas. hasilnya, suhu yang tinggi dapat menyebabkan tekanan lebih tinggi lagi.

Hal tersebut berlaku pada ban mobil juga. Jika ban mobil tidak dipakai dalam jangka waktu lama, maka yang terjadi ketika suhu dingin pada malam hari berubahnya tekanan ban yang mengalami penurunan yang mengakibatkan ban mobil menjadi kempes.

  1. Tutup pentil ban yang tidak ada atau hilang

Merupakan faktor sangat sepele. Namun nyata loh dampak yang dihasilkan. Ban yang tidak dilengkapi dengan tutup pentil ban maka akan mengakibatkan tekanan angin pada ban menjadi berkurang. Memang tidak langsung kempis, akan tetapi perlahan-lahan ban akan kehilangan tekanan angin di dalamnya yang jika dibiarkan maka ban menjadi kempis.