BAN-PT Assesemen Lapangan Daring Akreditasi UIN Raden Fatah Palembang

News, Pendidikan
Lembaga Penjamin Mutu , mempersiapkan asesemen lapangan , meningkatkan kualitas dan mutu , peningkatan kualitas institusi

Palembang, LamanQu.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang melaksanakan proses asesmen lapangan daring akreditasi institusi yang berlangsung secara daring yang berlangsung dari hari Rabu (30/6/2021), hingga Kamis (01/07/2021).

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengutus empat orang assesor yang berasal dari institusi yang berbeda-beda dalam asesmen lapangan daring tersebut. Tim assessor dipimpin oleh Prof. Dr. H. Muslimin, M. Ag dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, dan bersama tiga tim penilai lainnya, yaitu Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, BA, Mpd dari Univeritas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Sumartono, MS dari Universitas Brawijaya, serta Ir. Subagyo, Ph.D dari Universitas Gadjah Mada.

Prof. Dr. Muslimin Ibrahim mengatakan, sebagai tim assessor kami bertugas mengkonfirmasi data sebagai langkah validasi data institusi UIN Raden Fatah, selanjutkan hasil dari proses asesmen lapangan akan diserahkan kembali kepada BAN-PT untuk menentukan hasil akhirnya.

“UIN Raden Fatah juga memiliki beberapa assessor dari BAN-PT, dan kami percaya tim assessor internal telah menelaah dan melakukan validasi data,” ujar Prof. Muslimin Ibrahim.

Hari ini kami bertugas untuk mengkonfirmasi data untuk proses valitasi institusi UIN Rafa, tentu kami percaya UIN Raden fatah juga memiliki asseor yang telah mentelaah validasi data tingkat internal.

BAN-PT dalam asesmen lapangan ini instrument yang digunakan dalam akreditasi adalah Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi versi 3.0 (IAPT 3.0) atau instrument akreditasi 9 kriteria.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag, M.Si mengatakan kegaiatan asesemen lapangan akreditasi perguruan tinggi adalah kesempatan institusi untuk memperoleh pengakuan akreditasi perguruan tinggi.

Lebih lanjut Prof. Nyayu Khodijah menyebutkan disetiap masa transformasi kepemiminan rektor UIN Raden Fatah sudah melakukan berbagai upaya peningkatan kualitas institusi. Turut juga melakukan reformulasi visi misi lembaga dan melakukan berbagai program yang arahnya meningkatkan kualitas lembaga.

Prof. Nyayu Khodijah juga mengucapkan terima kasih kepada assesor BAN-PT yang telah meluangkan waktunya melakukan asesmen lapangan daring dan apresiasi kepada tim Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Raden Fatah serta tim penyusun borang yang sudah berusaha dengan kemampuan yang optimal untuk mempersiapkan asesemen lapangan ini.

“Institusi sudah berupaya optimal meningkatkan kualitas dan mutu, dan menyiapkan bahan borang dalam persiapan asesmen lapangan daring ini dengan harapan mendapatkan hasil maksimal yaitu mencapai akreditasi unggul,” harap Prof. Nyayu Khodijah.

Sebelumnya, Rektor UIN Raden Fatah periode 2016-2020, Prof. Drs. H. Muhammad Sirozi, MA, Ph.D memaparkan terobosan-terobosan yang telah dilakukan institusi untuk menuju perguruan tinggi yang berkualitas.

Prof. Dr. Suyitno, M.Ag, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia juga hadir secara daring dalam assemen tersebut.

Saat ini Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah mengesahkan 15 program studi terakreditasi A, dan 2 program studi terakreditasi unggul di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.