21 ABK Terombang Ambing di Laut, Bakamla Kirim Kapal

Nasional, News
Kapal Motor Tanker Ocean Star , Keterangan Resmi Bakamla , kondisi kapal beserta ABK , pelacakan posisi kapal

LamanQu.id – Sebuah video viral mengungkap nasib 21 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor Tanker Ocean Star yang terkatung-katung empat bulan di lautan. Badan Keamanan Laut (Bakamla) pun mengirimkan armada untuk mengevakuasi mereka.

Dalam keterangan resmi Bakamla, dikutip dari Antara, 21 ABK yang seluruhnya berkewarganegaraan Indonesia (WNI) itu terombang-ambing selama hampir empat bulan lamanya di atas Kapal MT Ocean Star.

Kabar itu menjadi viral usai salah satu ABK MT Ocean Star mengunggah video permintaan pertolongan di media sosial baru-baru ini. Dalam video tersebut, ABK meminta bantuan sesegera mungkin karena kondisi kapal dan ABK memprihatinkan saat ini.

Berdasarkan keterangan ABK dalam videonya, kapal tiba di Dili 3 April silam untuk mendukung kegiatan operasional minyak dan gas (migas) di Timor Leste.

Kapal dengan status disewakan dua perusahaan saat ini mengalami mati mesin dan mati listrik. Hanya genset penerangan saja yang dapat dinyalakan, karena status bahan bakar minyak sudah 0 persen.

Hal itu menyebabkan pompa tidak dapat berfungsi untuk menanggulangi kebocoran yang terjadi di salah satu ruangan.

Dalam kondisi kapal yang hampir tenggelam, ABK kapal mengunggah video dengan maksud memohon pertolongan. Karena kedua perusahaan yang terkait atas penugasan kapal itu juga tidak memberi respons.

Mengetahui informasi tersebut, Bakamla melakukan pelacakan posisi kapal dan kondisi di sekitar kejadian melalui Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Bakamla.

Direktorat Operasi Laut juga melaksanakan koordinasi dengan Kemenlu dan Athan Timor Leste, dan berhasil memastikan keberadaan dan kondisi kapal beserta ABK.