Solusi Mencari Keberadaan Smartphone Yang Hilang

  • Whatsapp
Mencari Keberadaan Smartphone Yang Hilang

LamanQu.id – Smartphone atau lebih dikenal dengan handphone, kerapkali hilang atau lupa meletakannya, jika sudah begitu bisa membuat cemas, terlebih lagi masalah isi di dalam Smartphone tersebut.

Namun tidak perlu begitu cemas, karena Google sebagai pihak pengembang sistem operasi Android kini menyediakan aplikasi Find My Device yang akan membantu pengguna untuk menemukan smartphone yang hilang.

Untuk menggunakannya, pastikan perangkat milikmu harus aktif dan terhubung dengan akun Google, GPS dan layanan Find My Device aktif dan yang terakhir perangkat harus terhubung dengan internet.

  1. Lacak Smartphone Yang Hilang

Buka situs https//www.google.com/android/find  dengan pc, laptop ataupun smartphone lainnya.

Lalu login ke akun Google Mail yang terdaftar atau aktif di smartphone yang hilang. Dan klik accept sesuai dengan bahasa yang kamu gunakan di smartphone.

  1. Temukan Posisi Terkini Dari Smartphone Yang Hilang
Baca Juga :  Manfaat Lemon untuk Diet, Lunturkan Lemak Sampai Minim Kalori

Jika akun Gmail kamu aktif di dua smartphone yang berbeda, pilih smartphone yang hilang pada daftar smartphone di bagian kiri atas. Disini kamu akan melihat peta lokasi di mana smartphone mu berada.

  1. Amankan Smartphone Yang Hilang

Pada website terdapat opsi yang bisa kamu gunakan untuk menemukan smartphone.

Pada opsi pertama kamu bisa memilih (Play Sound) pada deretan opsi teratas untuk membuat smartphone mu berdering.

Opsi ini juga berguna bila kamu lupa meletakkan smartphone karena dering suara akan tetap aktif meskipun smartphone dalam keadaan di silent.

  1. Amankan Data-Data Yang Tersimpan

Kamu bisa memilih opsi kedua (Secure Device) untuk mengunci smartphone yang hilang dan logout dari Google Akun demi keamanan agar akun Gmail kamu tidak di salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga :  Zodiak Terancam Terlilit Utang Ulah Belanja Berlebihan

Di opsi ini, kamu juga bisa memberikan pesan serta nomor telepon kepada orang yang menemukan smartphone kamu agar orang tersebut bisa menghubungi kamu.

Jika smartphone kamu tetap tidak bisa ditemukan, kamu bisa memilih opsi Erase Device atau opsi terakhir untuk menghapus semua konten yang berada di smartphone yang hilang.

Tapi opsi ini tidak berlaku jika kamu menyimpan data di SD Card, data yang berada di SD Card mungkin bisa tidak terhapus.

Selain itu, jika kamu sudah memilih opsi ini berarti kamu sudah tidak lagi dapat mengakses Find My Device karena akun Google Mail kamu sudah tidak lagi terhubung.

Dan jika smartphone dalam keadaan mati, data akan terhapus saat smartphone aktif.

Baca Juga :  Tiga Warna Lipstik 2021, Mana Warna Favoritmu ?

Tapi ingat, langkah di atas akan berhasil jika Find My Device di smartphone kamu aktif. Untuk mengaktifkannya kamu bisa melakukan hal berikut.

Aktifkan Fitur Find My Device
Pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur Find My Device, karena jika tidak diaktifkan kamu tidak akan bisa melacak smartphone yang hilang.

Untuk mengeceknya, kamu bisa ke menu Settings (Pengaturan) di smartphone kamu lalu pilih Google dan klik Security dan pilih Find My Device. Pastikan tombol sudah dalam keadaan aktif (dots berada di sebelah kanan).

Atau, kamu bisa mendownload aplikasi Find My Device melalui Google Play Store lalu login sesuai dengan akun Google Mail yang kamu miliki. Setelah itu berikan akses aplikasi untuk dapat mengakses GPS.

Pastikan juga GPS pada smartphone milikmu selalu aktif untuk berjaga-jaga, ya.

 

selamat hari jadi sumsel selamat hari jadi palembang banner pemkot muba, waspada karhutbunlah