Tiga Kabupaten di Sumsel Pemasok Utama Kelapa

  • Whatsapp
perkebunan kelapa di seluruh kabupaten

Palembang, LamanQu.id – Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan Ir. Agus Darwa M.Si mengatakan, pihaknya terus melakukan pembinaan ke petani kelapa. Bahkan, pihaknya akan menambah luasan produksi kelapa.

“Produksi saat ini 1,1.ton/ha/ tahun, diupayakan sampai 1,8 ton/ha/tahun. Untuk luas lahan perkebunan kelapa genjah/dalam seluas 65 ribu ha dan akan dikembangkan sampai 100 ribu ha,” ujarnya saat diwawancarai usai launching ekspor buah kelapa melalui PT Sriwijaya Agro Industri bersama Cv Putra Sriwijaya Perkasa, Jumat (28/5/2021).

Agus menuturkan, saat ini daerah penghasil kelapa yakni Banyuasin, Muba dan OKI. Tiga daerah itu pemasok utama. “Untuk ekspor buah kelapanya sudah tersedia,” katanya.

Baca Juga :  Herman Deru Inisiator Isbat Nikah Terpadu Pertama di Indonesia

Namun, lanjut Agus, ada banyak persyaratan buah kelapa untuk ekspor. Salah satunya kualitas buah kelapa mulai dari besarannya, sabut kelapanya. “Saat pengiriman tidak boleh tumbuh. Dulu pernah, ekspor buah kelapa kita dikembalikan karena tumbuh saat tiba di negara tujuan. Itu karena kesalahan panen, kelapa dialirkan melalui sungai sehingga basah. Dan pengiriman lama sehingga buah kelapanya tumbuh. Nah, untuk ekspor kedepan kita harus benar benar memenuhi persyaratan yang diminta negara luar,” paparnya.

Agar terus bisa memenuhi kebutuhan ekspor kelapa, Agus mengungkapkan, pihaknya memiliki program mengembangkan 100 ribu hektar perkebunan kelapa di seluruh kabupaten dan kota di Sumsel terutama yang memiliki potensi.

Baca Juga :  DPC FSB Nikeuba Kota Palembang Gelar Aksi Demo di Kantor Pengadilan Negeri Klas IA Palembang

“Harapan kita kedepan, Dinas Perdagangan ikut membina petani kelapa, agar ekspor kelapa kedepan lebih baik lagi,” pungkasnya.

baner perkot tentang vaksinasi, vaksinasi dan prokes 5m banner pemkot muba, selamat idul adha

Pos terkait