Dewan Pers Berharap Insan Pers Seluruh Indonesia Menjadi Wartawan Profesional

News, Sumsel
Dewan Pers di Kantor Lamanqu , insan pers seluruh Indonesia , kelengkapan administrasi Lamanqu
Pose Bersama Komisi Penelitian, Pendataan & Ratifikasi Pers dari Dewan Persama Pimpinan dan Redaksi LamanQu di Palembang

Palembang, LamanQu.idKomisi Penelitian, Pendataan & Ratifikasi Pers Dewan Pers Ahmad Djauhar dan Rita mengunjungi kantor Lamanqu.co, Selasa (25/5/2021). Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengecek kelengkapan administrasi Lamanqu.co secara detail.

Mulai dari akta notaris badan hukum, data wartawan yang berkompeten, gaji, perlindungan asuransi, gaji dan fasilitas apa saja yang diterima staf dan wartawan.

Ketua Komisi Penelitian, Pendataan & Ratifikasi Pers Dewan Pers Ahmad Djauhar mengatakan, dia berharap insan pers seluruh Indonesia menjadi wartawan profesional dalam menjalankan pekerjaannya dengan kesungguhan, berkarya, integritas untuk mejunjung kepentingan publik.

menjadi wartawan profesional

“Itu bertujuan untuk menjaga demokrasi. Kita sama sama menjaga demokrasi, sehingga kekuasaan tidak menumpuk di salah pihak, kelompok tapi rakyat,” ucapnya.

“Harapannya teman-teman di pers, mengerti hak dan kewajiban. Selain itu, wartawan harus tau hak wartawan, hak narasumber dan masyarakat. Makanya wartawan itu ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Dan wartawan harus idealis dalam menjalankan tugasnya serta menjaga Kode Etik Jurnalistik,” kata Ahmad Djauhar.

Lebih lanjut Ahmad Djauhar menuturkan, saat ini media online sangat banyak, karena membuka media online lebih mudah, makanya banyak yang meniru. “Jangan sampai media yang tidak profesional ikut menggarong dana APBD atau uang rakyat. Misalnya media yang memberikan berita hanya sedikit karena tujuannya hanya untuk minta dana APBD,” paparnya.

“Media itu harus membuat berita bagus, dan menarik sehingga banyak dibaca orang. Kalau banyak baca, itu ada banyak perusahaan yang mau memasang iklan atau mau bekerjasama. Buatlah media yang profesional, bukan bikin media hanya untuk menggarong dana APBD,” beber Ahmad Djauhar.

Menurut Ahmad Djauhar, media harus lebih kreatif. “Tantangan media kedepan adalah kalau tidak mampu membuat berita yang menarik, maka akan ditinggalkan masyarakat,” pungkasnya.

Direktur Utama Afandi Mulya Kesuma

Direktur Utama Afandi Mulya Kesuma mengungkapkan, menyambut baik kedatangan Dewan Pers dalam rangka mengecek kelengkapan administrasi Lamanqu.co. “Alhamdulilah semua berjalan lancar. Semoga media Lamanqu.co lolos sehingga terverifikasi faktual,” ucapnya.

Hadir saat kunjungan Dewan Pers di Kantor Lamanqu.co, Direktur Utama Afandi Mulya Kesuma, Pimpinan Perusahaan Arjeli SS, wartawan serta staf Lamanqu.co.