Gubernur Sumsel Lantik Nasrun Umar Sebagai Pj Bupati Muara Enim

News, Sumsel
fee proyek pembangunan jalan , Kaya Sumber Daya Alam , kesejahteraan masyarakat

Palembang, LamanQu.idGubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru menunjuk dan melantik Sekretaris Daerah (Sekda) H Nasrun Umar sebagai Pejabat (Pj) Bupati Muara Enim. Pelantikan tersebut digelar di Griya Agung Palembang, Selasa (11/5/2021).

Dilantiknya Nasrun sebagai Pj Bupati Muara Enim karena pimpinan di Pemerintah Kabupaten Muara masih mengalami kekosongan. Bahkan sebelumnya Nasrun Umar juga sempat ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Bupati Muara Enim.

“Kita menunjuk pak Nasrun sebagai Pj Bupati karena kepiawaiannya dalam mengelola daerah. Melalui pengalamannya, mudah-mudahan Muara Enim dapat semakin berkembang,” kata Herman Deru.

Herman Deru menuturkan, Muara Enim merupakan kabupaten yang kaya akan Sumber Daya Alam. Sebab itu, untuk mengelolanya dibutuhkan sosok figur yang tepat sehingga dapat semakin maju.

“Kekayaan SDA Muara Enim ini sangat banyak. Ini harus dikelola dengan baik sehingga kekayaan SDA tersebut berbanding dengan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Herman Deru meminta, Nasrun Umar dapat memberikan pelayanan merata untuk seluruh masyarakat kabupaten Muara Enim.

“Kabupaten Muara Enim ini sangat luas dan wilayahnya seperti huruf Y. Sebab itu, Pemkab Muara Enim memiliki cara khusus agar semua kebutuhan masyarakat terlayani secara merata. Artinya, harus setiap wilayahbharus mendapatkan pelayanan yang sama. Begitu juga untuk pendidikannya,” paparnya.

Herman Deru mengajak, perangkat daerah di Kabupaten Muara Enim meningkatkan jalinan batin kuat dengan Bupati. “Jalinan batin tersebut dapat melampaui ekspektasi dalam mengatasi persoalan,” pungkasnya.

Diketahui, Kabupaten Muara Enim mengalami kekosongan kepala daerah lantaran bupatinya Juarsah ditangkap KPK karena diduga menerima fee proyek pembangunan jalan. Juarsah yang sebelumnya menjabat wakil bupati baru sebulan dilantik menjadi bupati defenitif setelah bupati sebelumnya Ahmad Yani harus dilakukan penahanan dalam kasus serupa.

Pada waktu bersamaan, tidak ada pejabat yang duduk sebagai sekda sehingga Gubernur Sumsel Herman Deru langsung menunjuk Sekda Sumsel Nasrun Umar sebagai Plh Bupati Muara Enim.