Hari Ini IHSG Berpotensi Terkoreksi

Ekobis, Kabar Ekonomi
Bank Indonesia , bank sentral China , indikator stochastic bergerak menyempit , penetapan suku bunga , Perdagangan hari Ini

LamanQu.id – Indeks harga saham gabungan (IHSG) masih berpotensi terkoreksi pada perdagangan hari ini, Senin (19/4/2021).

Pada akhir perdagangan Jumat (16/4/2021), IHSG ditutup naik 0,11 persen ke level 6.086,257. Sebanyak 214 saham berhasil menguat, 258 saham terkoreksi, dan 176 saham tidak bergerak dari perdagangan sebelumnya.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance maksimum berada pada 6.027,60 hingga 6.167,72. Berdasarkan indikator, MACD telah berhasil membentuk pola golden cross di area negatif. Sementara itu, Stochastic dan RSI masih berada di area netral.

“Meskipun demikian, terlihat pola bearish pin bar yang mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG,” tulis Nafan dalam riset harian, Minggu (18/4/2021).

Di sisi lain, Artha Sekuritas memperkirakan IHSG bisa melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini, meskipun dalam rentang yang terbatas.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan menjelaskan candlestick masih membentuk higher high dan higher low namun indikator stochastic bergerak menyempit mengindikasikan pergerakan akan terbatas dan ada potensi untuk terkoreksi.

“Investor akan cenderung wait and see jelang penetapan suku bunga oleh bank sentral China dan Bank Indonesia,” tulis Dennies dalam riset hariannya.