Viral Video Pria Mengaku Nabi ke-26, PBNU Melapor ke Kapolri

Nasional, News
dugaan penistaan agama , menyebarkan kebencian , penghinaan terhadap agama

LamanQu.id – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmy Faishal Zaini mengaku, telah berkomunikasi dengan Kapolri terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan Jozeph Paul Zhang .

Jozeph diduga menista agama Islam lantaran mengaku sebagai nabi ke-26. Dia bahkan menantang semua pihak untuk melaporkannya ke polisi. Pernyataan ngawurnya itu diungkapkan melalui video yang viral di media sosial.

“Kami meminta polisi segera melakukan penangkapan, saya sudah secara informal sudah menyampaikannya ke Kapolri, mudah-mudahan segera ditindak ya,” kata Helmy, Minggu (18/4/2021).

Helmy mengecam keras tindakan Jozeph tersebut. Dia mengimbau masyarakat tidak terprovokasi dan meminta kepolisian segera bertindak tegas. Dia menilai pernyataan terduga pelaku dalam video tersebut sudah masuk kategori penyebaran kebencian dan penghinaan terhadap agama Islam.

“Kami minta polisi untuk menangani masalah ini, agar tidak berkembang lebih jauh dan masyarakat untuk tidak terpancing dengan provokasi. Kita percayakan kepada polisi, dalam hal ini kita meminta untuk segera dan menangkap karena jelas dalam video tayangan itu menyebarkan kebencian, dan sudah melakukan kategori penghinaan,” tegas Helmy.

Helmy menekankan, bahwa sebagai umat beragama sudah sepatutnya untuk saling menghormati perbedaan-perbedaan. Sementara yang dilakukan pria tersebut jelas telah melakukan penghinaan terhadap agama Islam.

mengaku sebagai nabi

Sebelumnya, seorang pria bernama Jozeph Paul Zhang mengaku sebagai nabi ke-26. Bahkan dia menantang semua pihak untuk melaporkannya ke polisi. Pernyataan ngawurnya itu diungkapkan melalui video yang viral di media sosial.

Terduga pelaku membuat video dalam forum diskusi zoom. Kemudian, menggunggahnya ke akun channel Youtube miliknya atas nama Jozeph Paul Zhang dengan tema “Puasa Lalim Islam”. Video tersebut berdurasi 3 jam 2 menit.

“Yang bisa laporin gua ke polisi, gua kasih uang lo. Yang bisa laporin gua penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26, Josep fauzan, meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulannya yang maha cabullah. Kalo anda bisa laporan atas penistaan agama, Gua kasih loh satu laporan Rp1 juta, maksimum 5 laporan supaya jangan bilang gua ngibul kan. jadi kan Rp5 juta, di wilayah polres berbeda,” ujarnya.