IHSG Berpeluang Menguat Akhir Pekan Ini

Ekobis, Kabar Ekonomi
akumulasi pembelian jangka pendek , IHSG mengalami kenaikan

LamanQu.id – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang berlanjut menguat pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (16/4/2021) seiring dengan positifnya bursa global dan masuknya dana investor asing.

Kemarin, Kamis (15/4/2021) IHSG terpantau parkir di level 6.079,50, berbalik menguat 0,48 persen atau 122,84 poin. Sepanjang perdagangan, IHSG bergerak dalam kisaran 6.029,15-6.079,50.

Equity Research Coordinator PT Erdikha Elit Sekuritas Hendri Widiantoro menyampaikan saat post-closing, IHSG mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Padahal sebelumnya indeks cenderung naik-turun.

“Di mana dari kenaikan tersebut asing tercatat melakukan aksi beli yang cukup signifikan di beberapa saham LQ45 seperti BBCA, BBRI, UNVR, dan juga TLKM,” paparnya dalam riset hariannya, Kamis (15/4/2021).

Hendri menuturkan pergerakan IHSG terpantau mix dipengaruhi data ekonomi Indonesia terkait peraca perdagangan ekspor dan impor. Market terlihat memberi respons, tapi tidak berhasil membuat indeks menguat signifikan.

Secara tekninal, IHSG pada perdagangan kemarin ditutup menguat membentuk pola candle morning star ke level 6.079. Indikator stochastic juga nampak terjadi golden cross yang mengindikasikan adanya potensi terjadinya penguatan.

IHSG pada hari ini diperkirakan akan bergerak konsolidasi dengan kecenderungan menguat pada rentang 6.000 – 6.100.

Sejumlah saham pilihannya adalah ASSA, UNVR, BNLI, JPFA, BBRI, ACES, UNVR, dan RALS.CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan pasca rilis data perekonomian neraca perdagangan pergerakan IHSG terlihat masih bergerak dalam rentang konsolidasi wajar.

Selama resistan level terdekat belum dapat ditembus maka peluang koreksi wajar masih terbuka. Namun, mengingat stabil dan kuatnya kondisi perekonomian Indonesia maka jika terjadi koreksi wajar para investor masih dapat memanfaatkan momentum untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek.

“Hari ini IHSG berpotensi bergerak terkonsolidasi dalam rentang 5.827 – 6.123,” paparnya.

Rekomendasi saham pilihannya hari ini adalah BBRI, TLKM, BBNI, UNVR, CTRA, KLBF, TBIG, dan BINA.