Fitriana :Perlu Peningkatan Pengelolaan dan penyelenggaraan Perpustakaan di Prabumulih

  • Whatsapp

Palembang, LamanQu.idKantor dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel menerima kunjungan kerja Anggota Komisi ll DPRD Kota Prabumulih, Kamis(15/4/2021).

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kadis Perpustakaan Provinsi Sumsel Fitriana S.Sos,. M.Si dan segenap staf.

Dalam wawancaranya Fitriana mengatakan, kunjungan anggota komisi ll Dprd Kota Prabumulih ini dalam rangka untuk mengumpulkan data dan informasi terkait pengembangan perpustakaan di Kota Prabumulih.

“Perpustakaan Prabumulih perlu ditingkatkan baik dari sisi pengelolaannya penyelenggaraannya maupun pengadaan pustakawan serta anggaran,“ ungkapnya.

“Jadi mereka study banding kesini dalam rangka penguatan untuk pengembangan dan pengelolaan perpustakaan yang ada di Kota Prabumulih,“ ujar Fitriana.

Baca Juga :  Media Center Asian Games 2018 Tampung 1000 Awak Media, Tidak Lama Lagi Simulasi Segera Dilakukan

Lebih lanjut Fitriana menuturkan, Pustakawan di Prabumulih baru satu jadi harus ditambah idealnya itu harus tiga karena berbanding satu pustakawan berbanding 75 ribu penduduk kalau berdasarkan standar nasional perpustakaan. Kalau berdasarkan UNISCO atau IFLA satu berbanding 25, artinya satu pustakawan berbanding 25 ribu.

”Artinya harus memiliki lebih dari 3 pustakawan. Kemudian terkait dengan rencana pembangunan gedung, kami sangat mendukung pembangunan gedung di perpustakaan di Prabumulih, lokasi sudah setrategis hanya saja terkait dengan anggaran,“ bebernya.

Lebih lanjut Fitriana menuturkan, kita minta bantuan dana melalui alokasi khusus dari perpustakaan nasional, karena ini membutuhkan tSDM, karena persaingan dari 34 provinsi dan 500 sekian kabupaten/kota se-Indonesia.

Baca Juga :  Wartawan Berjuang Istiqomah Bersama Kami (PPMI)....!

“Jadi membutuhkan SDM yang terampil untuk masuk ke aplikasi krisna itu. Memang cukup sulit karena persaingan di 500 lebih kabupaten/kota di 34 provinsi Se-Indonesia memperebutkan dana Dak tentunya tidak mencukupi ini tentunya membutuhkan SDM yang bisa mengakses itu dengan baik,“ pungkasnya.

selamat hari jadi sumsel selamat hari raya idul fitri selamat hari raya idul fitri pemkot okus selamat hari raya idul fitri