Satgas Saber Pungli Jabar Ikuti Seminar Anti Pungli di Kota Tegal

Jabar, News
potensi pungli , punya komitment tidak pungli , Seminar Anti Pungli

Tegal, LamanQu.idSatgas Saber Pungli Jawa Barat mengikuti seminar anti pungli bersama Mapi bertempat di Hotel Bahari Iin, Kota Tegal mulai jam 08.30 Wib, Jum’at (9/4/2021).

Dengan tema “Seminar Anti pungli, Menuju kab/kota brebes,Tegal Selaawi , bebas pungli”.

tegal bebas pungli

Seminar anti pungli dihadiri Dewan Pembina Mapi Irjen Pol. Dr, Widyanto Poesoko, Bupati Tegal, bupati Brebes, yang mewakili Wali kota tegal, yang mewakili Ketua UPP Jatim, Jateng dan Sumut sedangkan dari UPP Jabar diwakili AKBP Dedi Dewanto, Sik, Sekertaris Satgas Saber Pungli Jabar dan Dr Rusman. SH, MH. Sekertaris Pok Ahli dengan 100 orang peserta dari Dinas dan instansi dilingkungan Pemda Bergas/Brebes, Tegak dan Selaawi.

Adapun nara sumber, Irjen pol Dr Widyanto Poesoko, Drs, MH. pembina Mapi, Kapokja pencegahan Satgas Saber Pungli pusat Nugroho, Bcip, Kabid Dati, Satgas Saber Pungli Pusat dan Kombes Pol Bambang, Sik, yang mewakili Ketua UPP Jateng. Letkol CPM Endang Agustian, SH. Pembina Mapi dan yang mewakili Ka BPN Jateng,

Seminar berlangsung hikmat, setelah paparan para peserta dilanjutkan Diskusi tanya jawab,
Dalam diskusi Dr Rusman, SH, MH., yang mewakili UPP Jabar, menyampaikan saran dan indikator implentasi Kota /Kab bebas pungli.

“Diantaranya agar birokrasi dilingkungan Pemda yang melaksanakan pelayanan publik, sebaiknya disiapkan SDM, bukan dari pegawai honorer”, kata Dr Rusman kepada Media, Sabtu (10/4/2021).

Menurutnya, bila para operator pelayanan terhadap masyarakat masih diawaki oleh para pegawai honorer yang penghasilannya sangat minim , sehingga potensi pungli akan tetap ada .

“Perlu disiapkan SDM yang melayani publik yang berintegritas dan punya komitment tidak pungli,” pungkasnya.