Cuci Muka Saja Tidak Cukup, Inilah Cara Merawat Kulit Berminyak

Discovery
Cara Merawat Kulit Berminyak , kosmetik khusus kulit berminyak , pelembap berlabel oil free , Penanganan Kulit Berminyak

LamanQu.id – Ketika jerawat menghiasi wajah, terus kulit lengket, mengilap, dan kerap kulit berminyak. Padahal sudah mencuci muka tetapi tetap saja tidak hilang.

Jadi mencuci muka saja tidak cukup untuk mengatasi keluhan yang muncul. maka dari itu diperlukan perawatan yang tepat dan rutin agar kulit tetap bersih dan terjaga kesehatannya.

Selain itu ada beberapa penyebab utama seseorang memiliki kulit berminyak, mulai dari faktor genetik dan perubahan hormon.

Tapi stres dan pola hidup tidak sehat juga menjadi penyebabnya terlebih lagi kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol, juga dapat memicu produksi minyak berlebih dalam tubuh.

Cara Merawat Kulit Berminyak yang Tepat

Perawatan terhadap kondisi kulit berminyak tidak dapat disamakan dengan jenis kulit lainnya. Diperlukan penggunaan produk dan cara yang tepat agar kesehatan kulit tetap terjaga. Berikut ini adalah beberapa cara merawat kulit berminyak yang dapat Anda lakukan:

  1. Cuci muka secara teratur

Cara paling efektif untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan mencuci muka dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.

Gunakan sabun cuci muka yang bersifat nonkomedogenik dan berbahan lembut agar tidak menyebabkan iritasi dan alergi.

Selain itu, pilihlah produk sabun cuci muka yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, asam betahidroksi, atau benzoil peroksida untuk mengatasi kulit berminyak.

  1. Oleskan pelembap setelah cuci muka

Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap wajah agar tetap terhidrasi dan  terhindar dari tanda-tanda penuaan. Pilihlah pelembap berlabel oil free untuk mencegah pori-pori tersumbat yang dapat memicu munculnya jerawat.

Selain itu, Anda juga dapat memilih pelembap berbahan dasar air, sehingga tidak meninggalkan residu dan kilap pada wajah.

  1. Gunakan kertas minyak

Kertas minyak dapat menyerap minyak seketika tanpa membuat kulit wajah terasa kering. Cara menggunakannya pun mudah, Anda hanya perlu menyeka atau mengelap wajah dengan lembut menggunakan kertas di  area wajah yang berminyak.

Namun, jangan sampai menggosoknya terlalu keras. Selain dapat menimbulkan luka, tindakan tersebut juga dapat menyebabkan minyak menyebar ke area lain di wajah.

  1. Pilihlah kosmetik khusus kulit berminyak

Gunakan kosmetik berlabel oil free (bebas minyak) atau water based (berbahan air) bagi Anda pemilik kulit berminyak. Hindari pula penggunaan produk berbahan dasar alkohol, karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Selain itu, Anda dapat menggunakan produk kecantikan yang mengandung teh hijau, niacinamide, ekstrak licorice, atau L-carnitine yang dapat mengontrol minyak berlebih. Namun, pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan produk untuk menghindari iritasi kulit.

  1. Oleskan tabir surya

Apa pun jenis kulitnya, menggunakan tabir surya sangatlah penting dilakukan, terutama ketika beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Untuk menghindari kulit semakin berminyak, pilihlah tabir surya berbentuk gel, berlabel oil free, serta mengandung zinc oxide atau titanium oxide.

Penanganan Kulit Berminyak secara Medis

Jika penggunaan berbagai produk untuk merawat kulit berminyak tidak mampu mengatasi masalah yang Anda alami, segera konsultasikan ke dokter. Terlebih, jika kondisi kulit semakin memburuk dan disertai dengan munculnya jerawat atau komedo membandel.

Dokter akan meresepkan krim khusus yang mengandung adapalene, tazarotene, atau tretinoin untuk mengatasi produksi minyak berlebih.

Apabila muncul jerawat, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan chemical peeling dengan produk yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, asam laktat, atau fenol.

Sebenarnya, kulit berminyak juga memiliki beberapa manfaat, yaitu menjaga kesehatan kulit dan mencegah terbentuknya kerutan. Namun, penggunaan produk perawatan yang tepat dan penerapan pola hidup sehat juga penting dilakukan.

Jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan teknik double cleansing, terutama setelah bepergian, agar sisa make up atau kotoran yang dapat menyumbat pori-pori dapat terangkat.

Jika berbagai produk dan cara perawatan kulit berminyak justru semakin memperburuk kondisi kulit Kamu, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.