Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Sebelum atau Sesudah Makan?

  • Whatsapp
waktu terbaik minum susu

LamanQu.id – Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa susu lebih baik diminum sebelum makan agar nutrisinya terserap optimal saat perut sedang kosong.

Namun, sebagian lainnya berpendapat bahwa susu sebaiknya diminum sesudah makan. Jadi, kapan sebenarnya waktu terbaik untuk minum susu?

Susu adalah minuman yang baik untuk dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak. Selain mengandung kalsium, susu juga menyimpan banyak nutrisi penting, antara lain protein, lemak, kolin, selenium, kalium, magnesium, zinc, fosfor, serta beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin B12, dan vitamin D.

Manfaat Susu untuk Kesehatan

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, susu memang kaya akan ragam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena kandungan nutrisinya tersebut, konsumsi susu secara rutin bisa memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan, yaitu:

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  2. Menambah energi dan stamina
  3. Meningkatkan kekuatan otot dan fungsi otak
  4. Mendukung proses tumbuh kembang anak
  5. Memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak
  6. Menjaga daya tahan tubuh
  7. Menjaga kesehatan mata
Baca Juga :  Kecombrang Jenis Lalapan yang Berguna Perbanyak ASI

Ini Waktu Terbaik untuk Minum Susu

Melihat manfaatnya yang banyak bagi tubuh, sebagian orang bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk minum susu. Apakah sebelum atau sesudah makan? Sebenarnya tidak ada patokan waktu untuk minum susu, kok.

Susu boleh diminum kapan saja, baik sebelum atau sesudah makan. Selain itu, manfaat susu juga tidak akan hilang bila kamu meminumnya di pagi atau malam hari. Tidak ada waktu khusus dan terbaik untuk minum susu. Kapan pun kamu boleh mengonsumsi susu, tergantung kenyamanan dan kebiasaan kamu saja.

Baca Juga :  Perbedaan dan Kelemahan Lampu Mobil HID, LED, dan Halogen

Namun, untuk anak-anak, pemberian susu lebih baik diberikan setelah mereka makan. Pasalnya, minum susu sebelum makan bisa membuat anak jadi cepat kenyang, sehingga anak tidak nafsu makan ketika jadwal makannya tiba.

Walau tidak ada patokan waktu terbaik untuk minum susu, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak kamu makan berbarengan saat kamu minum susu.

Makanan yang mengandung asam oksalat (bayam, ubi jalar, atau kacang-kacangan) serta yang mengandung asam fitat (biji-bijian) dianggap bisa menghambat penyerapan kalsium yang terkandung pada susu. Padahal, kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi setiap orang, lho.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya mengonsumsi susu dalam waktu beberapa jam setelah mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Baca Juga :  Ampas Teh Jaga Kesuburan Tanaman Hias

Berdasarkan informasi di atas, susu bisa diminum kapan saja. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk minum susu sebelum atau sesudah makan, ya. Karena hal tersebut tidak akan mengurangi manfaat susu untuk kesehatanmu.

Jadi, minumlah susu sesuai kebutuhanmu. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, seperti alergi susu atau intoleransi laktosa, berkonsultasilah dulu dengan dokter untuk mengetahui jenis susu atau alternatif pengganti susu dan waktu terbaik untuk minum susu sesuai kondisi kesehatanmu.

 

selamat menunaikan ibadah puasa vaksinasi di palembang, ayo vaksinasi, sukseskan vaksinasi di palembang himbauwan 3m dan 3t