Cara Mengatasi Kulkas Yang Tidak Dingin Lagi

  • Whatsapp
cara mengatasi kulkas tidak dingin, ciri-ciri kompresor kulkas rusak, gumpalan salju di dalam kulkas, kinerja kulkas menurun, kompresor kulkas mengalami kerusakan, performa kulkas menurun

LamanQu.id – Sebelum mengatasi kulkas yang sudah tidak dingin lagi, ada baiknya mengetahui penyebab kulkas tidak dingin lagi dan barulah mencari solusinya.

Tapi hal yang perlu di perhatikan pertama kali ketika kulkas sudah tidak dingin lagi adalah usia kulkas itu sendiri.

Biasanya garansi toko itu hanya berlaku paling kencang bekisar 5 tahun, jika sudah lewat dari masa garansi sudah pasti penyebabnya kinerja mesin kulkas sudah berkurang perfomanya.

Namun jika kulkas masih dalam kurun waktu bergaransi hal pertama tentunya memanggil tim penyedia garansi untuk melakukan perbaikan atau servis, karena itu lebih efektif.

Berikut ini adalah salah satu cara umum dari penyebab kulkas sudah tidak dingin lagi

  1. Gumpalan Salju
Baca Juga :  Budidaya Ternak Kelinci Pedaging, Ladang Bisnis Menjanjikan

Salah satu fungsi kulkas adalah untuk mendinginkan bahkan jika suhu kulkas melewati batas pemakain otomatis udara yang keluar akan lebih dari dingin.

Jika sudah seperti itu maka wajar saja sering ada gumpalan salju di dalam kulkas, gumpalan salju ini terkadang menutup tempat keluarnya sirkulasi udara dingin di dalam kulkas.

Cara mengatasinya, cukup mudah, tinggal matikan kulkas hingga gumpalan salju itu mencair dengan sendirinya, yah hitung-hitung sekalian membersihkan bagian dalam kulkas

  1. Masakan Panas

Kulkas memang untuk mendinginkan, akan tetapi ada beberapa syarat agar benda, baik itu minuman atau makanan yang dimasukan kedalam kulkas dalam kondisi tidak panas.

Baca Juga :  Pentingnya Proses Penanganan Hewan Ternak Usai Bencana

Jadi disaat makanan panas atau minuman panas dimasukan kedalam kulkas otomatis tetap akan dingin namun jika dilakukan terus menerus maka performa dan kinerja kulkas menurun.

Untuk itu usahakan makanan atau minuman yang akan dimasukan dalam kondisi netral atau tidak panas lagi, sehingga kinerja dan perfoma pendingin kulkas dapat berkerja secara normal. 

  1. Kompresor  Rusak

Seperti yang dikatakan sebelumnya, perfoma mesin kulkas itu ada masanya, jika sudah lewat dari batas garansi otomatis perfoma kulkas mengalami penurunan.

Salah satu penyebab kulkas tidak dingin lagi adalah kompresor kulkas mengalami kerusakan dan cara memperbaiki kompresor itu gampang-gampang susah.

  • Pertama buang oli yang berada di dalam kompresor melalui pipa hisap, lalu belah compressor secara melingkar dibawah bekas las pabrikan. Ingat jangan sampai tembus kedalam, tahapan ini dilakukan hanya untuk membuka bekas las pabrikan
  • Ketuk pelan-pelan pada tanda panah di dalam kompresor, sambil tuangkan oli sedikit-sedikit, dan putar dengan tangan.
  • Hidupkan kompresor, jika kondisi baik maka pasang lagi kompresor seperti semula.
Baca Juga :  Tanaman Yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Ingat sebelum melakukan adegan diatas, pastikan mengetahui ciri-ciri kompresor kulkas mengalami kerusakan.

karena adegan diatas hanya dilakukan oleh seorang profesional, dan bukan dalam tahap uji coba atau coba-coba, namun jika anda memaksakan diri, resiko anda tanggung sendiri.

Demikianlah beberapa cara mengatasi kulkas yang tidak dingin lagi.

selamat menunaikan ibadah puasa vaksinasi di palembang, ayo vaksinasi, sukseskan vaksinasi di palembang himbauwan 3m dan 3t