Perbedaan dan Kelemahan Lampu Mobil HID, LED, dan Halogen

Discovery
Bahaya lampu HID , berkendara di bawah guyuran hujan , Kekurangan Lampu HID , modifikasi lampu mobil , Penggunaan lampu mobil HID

LamanQu.id – Berbagai cara dilakukan pemilik kendaraan agar terlihat keren, termasuk  salah satunya memodifikasi lampu mobil.

Modifikasi lampu mobil bisa dilakukan pada semua bagian kendaraan. Nah, di Indonesia ada tiga jenis bohlam lampu mobil yang umum digunakan.

fungsi lampu hid

Lampu mobil Halogen

Halogen adalah jenis bohlam yang paling banyak dipakai untuk lampu utama mobil. Lampu jenis ini memiliki filamen atau kawat pijar. Keunggulan bohlam halogen adalah perawatan mudah dan harga terjangkau. Kelemahannya cahayanya kalah terang dan butuh daya listrik besar.

Lampu mobil HID (High Intensity Discharge)/Xenon

Lampu mobil HID sudah ada sejak tahun 90-an dan dipakai pertama kali di mobil-mobil mewah, seperti BMW, Mercedes, dan Audi. Sumber cahaya lampu mobil HID berasal dari gas Xenon yang dialiri listrik. Cahaya yang dihasilkannya lebih terang dari lampu Halogen, punya daya tahan lebih lama, dan tidak butuh watt tinggi. 

Lampu mobil LED (Light Emitting Diodes)

Jenis lampu mobil yang umum digunakan adalah lampu mobil LED (Light Emitting Diodes). Lampu mobil LED awalnya lebih banyak digunakan sebagai lampu penerang ruangan, lampu rem, maupun lampu plat nomor. Namun, saat ini sudah banyak digunakan sebagai lampu utama berkat teknologi yang semakin berkembang.

Kelebihan lampu mobil LED adalah ketahanannya yang lebih baik serta intensitas cahaya yang didapat lebih terang dengan daya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan lampu mobil HID. Dalam pengaplikasiannya lampu mobil LED tidak membutuhkan ballast seperti HID, tetapi lampu LED tetap perlu penambahan relay maupun conversion kit yang normalnya sudah tersedia dalam satu paket saat pembelian.

Tapi, sebelum melakukan penggantian lampu, ada baiknya untuk mencari tahu, lampu mobil yang seperti apa yang aman. Sebab, menurut Divisi Humas Polri, melalui akun instagramnya, pemilik kendaraan tak diperkenankan memodifikasi lampu mobil menggunakan jenis HID.

Bahaya lampu HID

Bahaya lampu HID

Banyak masyarakat yang menggunakan lampu HID sebagai bohlam lampu utamanya. Lampu HID sendiri adalah lampu dengan nyala yang sangat terang seperti sinar matahari. Karena terangnya itu, menurut Divisi Humas Polri, lampu ini bisa membahayakan pengendara maupun kendaraan lain yang ada di depan.

Penggunaan lampu mobil ini pun pada dasarnya telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 pasal 23 dan 24. Dalam peraturan tersebut, telah jelas disebutkan jenis bahkan jarak pemasangan lampu secara detail.

Penggunaan lampu mobil High Intensity Discharge (HID), yang konon memiliki sinar putih memang bisa membuat tampilan kendaraan Sahabat Garasi lebih mewah.

Namun perlu diingat, pada saat musim hujan penggunaan lampu mobil HID justru bisa berbahaya loh Sahabat lq modifikasi.

Meski terlihat terang dalam cuaca panas, namun ketika berkendara di bawah guyuran hujan, sinar putih HID justru lemah. Artinya, pancaran sinar tidak sanggup menembus derasnya hujan yang menurunkan visibilitas pengendara.

Menurut Koordinator Autovision di MGK Kemayoran Marco, cahaya putih pada lampu mobil HID memiliki sifat buruk karena memantulkan cahaya saat hujan.

Mobil yang menggunakan lampu mobil HID ketika mobil tersebut menerobos hujan atau kabut, sinar putih yang keluar dari lampu utama akan memantul seperti cermin sehingga cahaya tidak fokus dan membuat jarak pandang terganggu.

Salah satu kelebihan lampu mobil HID memiliki nyala yang sangat terang namun tidak menghasilkan panas yang berlebihan.

Selain itu, lampu mobil HID juga terbilang irit listrik tetapi untuk soal harga cukup terbilang mahal. Nah, dibalik kelebihannya itu, ada juga kekurangannya Sahabat, semoga ketika kamu akan memodifikasi terutama lampu mobil, kamu tidak salah pilih dan menyebabkan kerugian di kemudian hari.

Kekurangan Lampu HID

bahaya lampu hid, berkendara dibawah guyuran hujan

Namun secanggih apapun teknologi, tentunya memiliki kekurangan tak terkecuali lampu HID. Nah kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai kekurangan lampu HID pada mobil.

  1. Pencahayaan Terlalu Terang

Kekurangan lampu mobil HID terletak pada pencahayaannya yang terlalu terang. Mengapa? pencahayaan yang terlalu terang seringkali menyebabkan pengendara lainnya yang sedang berpapasan dengan kendaraan anda menjadi buta sesaat dikarenakan efek pencahayaannya yang terlalu terang.

Beberapa orang mungkin memiliki mata yang sensitif terutama jika berhadapan dengan lampu yang sangat menyilaukan. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini bisa diatur dengan pemasangan proyektor, sehingga nantinya intensitas cahaya yang dihasilkan lampu HID menjadi berkurang. Selain itu hal ini juga akan membuat fokus cahaya menjadi lebih kedepan dan tidak akan terlalu menyebar ke segala arah. Namun tetap saja hal ini tidak dilakukan banyak orang karena harga proyektor yang terbilang mahal. 

  1. Harga Lampu Terbilang Mahal

Kekurangan lampu hid pada mobil lainnya yaitu terletak pada harganya yang terbilang cukup tinggi hanya untuk sebuah lampu saja. Tentu beberapa orang mungkin akan memikirkan ulang untuk membeli lampu HID untuk mobil mereka.

  1. Tidak Terang Saat Hujan

Meskipun penerangan yang dihasilkan lampu HID cukup terang, namun hal ini akan berbeda jika digunakan berkendara saat hujan. Hal ini karena nyala lampu yang tidak terang saat kondisi hujan ataupun tidak dapat menembus hujan di jalanan.

  1. Membuat Headlamp Cepat Kusam

Siapa sangka jika penggunaan lampu HID menjadi penyebab headlamp menjadi kusam. Lampu HID ini membuat mika kaca dan krom reflektor menjadi cepat kusam. Namun tak perlu khawatir, anda bisa menggunakan cara membersihkan headlamp mobil kusam sendiri di rumah dengan alat dan bahan sederhana.