Pandemi Covid-19 Bukan Penghambat Pembangunan Jembatan Sundawenang

Jabar, News
Desa Sundawenang Adalah , infrastruktur jalan , pembangunan jembatan , tanaman cegah longsor

Bandung, LamanQu.id – Desa Sundawenang adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Parung Kuda Kota Sukabumi Jawa Barat. Jika dilihat dari peta Desa Sundawenang, lokasi desa tersebut Letaknya 5 km dari pusat keramaian atau pasar terdekat.

Kurang lebih 700 KK warganya hidup dengan kesederhanaan, yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur serta kearifan lokal.

Kebanyakan dari mereka, Untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya yaitu mengandalkan hasil tani atau upah dari bekerja sebagai buruh tani, ataupun menjajakan hasil taninya di pasar, oleh karena itu untuk memudahkan mereka menuju luar desa, mereka membutuhkan akses jalan yang baik dan layak.

Sama dengan wilayah lainnya, salah satu hal mendasar yang dibutuhkan warga untuk mengangkat perekonomian wilayah, yaitu akses jalan, karena bagaimanapun infrastruktur jalan itu sangat penting.

Dan saat ini warga Desa Sundawenang tengah berbahagia, dikarenakan harapan mereka memiliki Jembatan Penghubung antara dua Desa dapat terlaksana.

Pembangunan yang saat ini tengah dikerjakan di wilayah Sundawenang adalah bentuk sinergitas antara pemerintah terkait dengan TNI, yaitu oleh Tim Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari wilayah Kodim 0607/Kota Sukabumi dan juga dengan melibatkan warga masyarakat.

Disaat pertama kali tim Satgas TMMD  menjajaki desa tersebut, terlihat dengan jelas wajah lugu orang orang kampung kebon panjang menyambut hangat kedatangan tim satgas TMMD ke 110 Kodim 0607/Kota Sukabumi.

Mereka antusias menyambut kehadiran prajurit TNI ke kampungnya. Tidak hanya itu saja, bahkan mereka juga antusias membantu satgas TMMD dalam membangun infrastruktur di desanya, antara lain pembangunan jembatan penghubung desa, kemudian pembangunan atau renovasi rumah tidak layak huni milik warga masyarakat sekitar, serta penanaman Vertiver atau tanaman cegah longsor.

Untuk jembatan yang saat ini tengah dikerjakan pembangunannya yaitu jembatan penghubung antara Desa Sundawenang dengan Palasari Hilir.

Menurut Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo bahwa target pengerjaan jembatan akan selesai dalam kurun waktu satu bulan.

Selain jembatan, ada juga pembangunan Rambat Beton seluas 96,45 M3 dan renovasi rumah warga, sebanyak 20 rumah warga tidak layak huni akhirnya diperbaharui yang dalam pengerjaannya juga berkolaborasi antara TNI dan dibantu oleh warga masyarakat.

“Ada 20 Rumah Tidak layak Huni (Rutilahu) yang kami kerjakan dengan luas bangunan 6 x 5 meter, dan Alhamdulillah sampai hari ini sabtu 20 maret 2021 renovasi Rutilahu sudah mencapai angka 70 sampai 75 {8683c2092de492d2a190cf7fbc06166f47c1e4e1eec97bd8c795afb1b4b0e460}, dan sama halnya dengan pembagunan jembatan, Insya Allah dalam waktu satu bulan dapat diselesaikan sesuai target,” terangnya. Kamis (01/04/2021).

Oleh: Mayor Inf. Ermansyah,SH,MH (Kapenrem 061/SK)