Timnas Turki Taklukan Timnas Belanda

Bola, Olahraga
Kualifikasi Piala Dunia 2022 , mencetak gol lewat tendangan bebas , taktik bertahan

LamanQu.id– Timnas Belanda menelan kekalahan pada laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022. Melawat ke markas timnas Turki, Kamis (25/3/2021) dini hari WIB, mereka takluk 2-4.

Hasil itu membuat bek Matthijs de Ligt tak habis pikir. De Ligt merasa Belanda tak sepantasnya kalah dari Turki. Sepanjang pertandingan, pertahanan Oranje hampir tanpa gangguan dari lini serang tuan rumah. Anehnya, gawang Tim Krul empat kali bergetar, tiga di antaranya karena ulah Burak Yilmaz.

“Mereka hanya lima kali berada di kotak penalti kami sepanjang pertandingan. Namun, mereka mampu mencetak empat gol,” urai Matthijs de Ligt.

Lebih lanjut, bek Juventus itu mengatakan, “Di sisi kami, sering kali umpan akhir tak cukup akurat. Ketika kami mampu membuat keadaan jadi 3-2, Anda bisa lihat Turki mulai goyah. Namun, mereka kembali mencetak gol lewat tendangan bebas fantastis.”

De Ligt pantas kesal. Sepanjang pertandingan, timnas Turki sebetulnya tertekan karena memang memilih taktik bertahan. Penguasaan bola tim asuhan Senol Gunes hanya 35 persen. Adapun Belanda, selain unggul penguasaan bola, juga melepaskan 20 tembakan yang 9 di antaranya tepat sasaran.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Ataturk Olimpiyat itu, Matthijs de Ligt sebetulnya hampir mencatatkan namanya di papan skor. Sundulannya pada babak pertama terlihat seperti sudah melewati garis gawang Turki. Namun, wasit Michael Oliver tak mengesahkannya jadi gol.

“Ini pertandingan yang ditentukan oleh detail. Pada gol pertama mereka, bola membentur tanganku. Lalu, kupikir sundulanku masuk, tapi kami tak bisa yakin soal itu. Jadi, tak ada pentingnya lagi membahas itu sekarang,” urai De Ligt.

Kekalahan dari Turki membuat timnas Belanda harus memenangi laga berikutnya pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Matthijs de Ligt cs. akan menjamu Latvia, lalu bertandang ke markas Gibraltar. Di atas kertas, Oranje seharusnya tak kesulitan merebut oin penuh dari dua laga tersebut.