Trik Menghadirkan Taman Rumah di Area Sempit

  • Whatsapp
taman rumah di area sempit, taman rumah minimalis, tips membuat taman rumah

LamanQu.id – Membuat taman rumah mewah di lahan terbatas ternyata memungkinkan lo! Selama pintar cara mengatur penataannya, halaman depan rumah bisa disulap jadi taman dengan desain menawan.

Bahkan kalau benar-benar tak ada lahan, membuat taman minimalis dalam rumah juga bisa jadi alternatif menarik. Nanti tinggal sesuaikan saja jenis tanaman yang mau ditanam.

Membuat taman rumah mini sebenarnya jauh lebih mudah karena kamu jadi bisa fokus pada detail tema dan penataan lainnya. Walau cuma taman rumah sederhana di desa, tapi tetap bisa dibuat cantik dan estetis.

Berikut cara mudah menyiasati taman rumah kecil biar kelihatan lebih mewah dan penataannya nggak monoton seperti taman rumah sakit. Juga bisa diaplikasikan pada taman dalam rumah.

1. Tentukan dulu di area mana kamu ingin membuat taman rumahnya. Mau di halaman depan, belakang, atau malah di dalam rumah

Jangan cuma pikirkan keindahannya saja, tapi pertimbangkan juga bagaimana perawatan tanamannya nanti, baik dari penyiraman air maupun asupan cahaya matahari. Meski sebenarnya memilih jenis tanaman jadi urusan nomor dua, tapi memperhitungkan hal ini juga tak ada salahnya. Terlebih jika kamu sudah mengincar jenis tanaman tertentu untuk menghiasi rumahmu.

konsep taman rumah minimalis

Selain itu, pastikan keberadaan taman rumah sederhana ini nggak menggangu jalan atau aktivitasmu sehari-hari. Kalau memang nggak memungkinkan dibuat di halaman atau dalam rumah, manfaatkan tembok teras rumah untuk dijadikan taman rumah minimalis ala-ala. Tenang, penataannya bisa kalian sesuaikan kok.

2. Untuk mempermudah penataannya nanti, bersihkan dulu tempat yang mau disulap jadi taman. Kalau perlu gemburkan juga tanahnya dengan pupuk

membuat taman di halaman rumah, membuat taman minimalis, tips membuat taman minimalis

Langkah ini wajib dilakukan kalian yang mau membuat taman di halaman depan maupun belakang rumah. Terlebih jika sebelumnya halaman tak digunakan untuk apa pun dan ditumbuhi tanaman liar. Selain menyapu, kamu pun perlu memangkas rumput maupun tanaman penggangu lainnya.

Kalau kamu ingin memanfaatkan tanah sebagai media tanam, baiknya dicangkul dulu lalu berikan nutrisi. Tak ada pupuk khusus yang mesti dipakai, produk pupuknya bisa disesuaikan dengan kondisi tanah di halaman rumah. Untuk mengetahui kebutuhan nutrisinya, cek tanah menggunakan pH meter atau alat serupa lainnya.

3. Kalau lahan sudah beres, sekarang pilih desain taman rumah yang mau dibuat

desain taman minimalis, desain taman di pekarangan rumah

Ada beberapa desain taman yang bisa kalian sontek, misalnya model pot gantung, vertical garden, atau stone garden. Masing-masing tentu punya keunggulan yang berbeda-beda. Tapi untuk taman rumah minimalis di lahan sempit, desan vertical garden ataupun model pot gantung jelas bisa dijadikan pilihan. Kalau mau lebih ramai, kalian boleh mengaplikasikan dua alternatif desain taman di satu area. Kalaupun kalian ingin membuat taman rumah pohon, pertimbangkan juga pertumbuhannya saat besar nanti agar tak membuat rumah kelihatan sumpek dan jadi gelap karena tertutup daun-daunnya.

4. Tak ada salahnya memanfaatkan sudut ruangan untuk disulap jadi taman rumah sederhana. Nanti bisa dibuatkan pembatas supaya ada sekat areanya

Menata taman di sudut rumah bisa membuat area sekitarnya jadi kelihatan lebih lapang. Tapi kalau kamu ingin area taman ini benar-benar jadi focal point, gunakan teknik edging atau memberi marka untuk digunakan sebagai pembatas area. Biasanya, bahan edging yang digunakan sebagai pembatas terbuat dari batu, batu bata, atau bahan solid lainnya. Walau sempit, tapi berkat teknik edging ini, taman jadi kelihatan lebih jelas dan rapi penataannya.

5. Isi taman dengan tanaman sepanjang musim yang mudah perawatannya. Kalau bisa, justru pilih tanaman yang dapat tumbuh baik di luar maupun dalam ruangan

Sebagai bahan pertimbangan, baiknya riset dulu sebelum memilih jenis tanaman yang mau dirawat. Bahkan, kalau perlu tanya lagi ke penjual bagaimana perawatan tanaman tersebut. Saat ini memang sedang banyak tanaman hias yang populer, tapi kamu tak bisa serta-merta membelinya. Pertimbangkan lagi apakah taman di rumahmu memadai untuk ditanami tumbuhan tersebut atau tidak. Jika tidak, mending ganti ke tanaman lain yang jenisnya masih sama tapi lebih gampang perawatannya.

6. Taman rumah sederhana boleh ditanami beberapa macam tanaman, tapi biar kelihatan rapi baiknya tata sesuai jenisnya

Meskipun kecil, kalau memang memungkinkan, kamu boleh menanam lebih dari satu jenis tanaman. Tapi biar nggak kelihatan berantakan, mending pisahkan dan atur jenis-jenisnya. Misalnya, tanaman bunga jangan didekatkan dengan sayuran. Selain takut mengganggu pertumbuhannya, hal ini juga bisa membuat taman rumah kelihatan tak beraturan. Cara mengakali penataannya bisa dengan memanfaatkan pot ataupun rak tanaman.

7. Kalau memungkinkan, tambahkan dekorasi taman lainnya seperti lampu atau kursi taman

Kursi maupun lampu bisa ditempatkan pada taman rumah belakang yang agak luas lahannya. Penambahan dua dekorasi ini memang bisa membuat taman kelihatan lebih cantik, tapi kalau penataannya tak sesuai pun sama saja. Untuk taman rumah kecil, kursi bisa ditempatkan di sudut, sedangkan lampu bisa ditempel pada dinding terutama jika kamu menerapkan konsep vertical garden. Tak cuma nyaman, penambahan dua dekorasi ini juga dapat membuat taman jadi lebih fungsional karena bisa digunakan sebagai area bersantai.

8. Nah, biar area taman aman dari gangguan aktivitasmu buatlah lajur untuk jalan kaki di antaranya

Tak perlu luas, cukup buat satu petak saja juga bisa kok. Kan tujuan pembuatan jalur ini hanya untuk memudahkan saat menyiram tanaman nanti. Tapi kalau kamu membuat taman di depan teras, agaknya hal ini pun nggak begitu perlu.

Berikut beberapa referensi taman rumah idaman yang bisa kalian sontek

1. Taman rumah klasik dengan bebatuan dan kursi seperti ini cocok diaplikasikan pada rumah yang memiliki halaman belakang cukup luas. Tapi sebenarnya memungkinkan juga digunakan pada lahan sempit asal ukuran meja maupun dekorasi taman lainnya bisa kalian sesuaikan

2. Taman rumah minimalis modern yang dilengkapi dengan air mancur kecil juga dapat diaplikasikan pada rumah mungilmu lo! Tak perlu ada jalan setapak, air mancur bisa dibuat di tengah taman yang dikelilingi dengan tanaman hijau di sekitarnya

3. Konsep taman vertikal akan terlihat apik jika digabungkan dengan tatanan pot yang sesuai. Bahkan kamu pun dapat menambahkan beberapa pot gantung di sisi tembok jika memungkinkan. Walau kecil, spot ini bisa membuat rumah tampak lebih hijau lo!

4. Atau, kalian bisa membuat taman rumah kecil dengan memaksimalkan desain pot gantung seperti ini. Tetap kelihatan rimbun walau tanaman yang dipilih nggak begitu besar

Mudah saja menghadirkan taman rumah di halaman yang kecil, bahkan teras sekalipun. Selama kalian pintar mengatur penataannya, taman tetap bisa dijadikan focal point depan rumahmu kok.

selamat hari jadi sumsel selamat hari raya idul fitri selamat hari raya idul fitri pemkot okus selamat hari raya idul fitri
Baca Juga :  Dibalik Hari Sumpah Pemuda