Gol Bunuh Diri Bantu Manchester United Kalahkan West Ham

Bola, Olahraga
Gol Bunuh Diri , Klasemen Liga Inggris , posisi kedua klasemen

LamanQu.id – Manchester United memperketat cengkeramannya untuk kembali ke Liga Champions musim depan ketika gol bunuh diri Craig Dawson mengantarkan skuad Ole Gunnar Solskjaer menang 1-0 atas West Ham di Old Trafford, Senin (15/3/2021) dini hari.

Kemenangan itu membawa Manchester United menyalip lagi Leicester City pada posisi kedua klasemen Liga Premier dan memangkas lagi jarak dari pemuncak klasemen Manchester City menjadi 14 poin.

Meskipun menyimpan satu pertandingan lebih banyak dibandingkan City, Setan Merah hampir mustahil menyusul pasukan Pep Guardiola, namun kini unggul sembilan poin atas the Hammers yang menduduki urutan kelima dalam pertarungan memperebutkan posisi Liga Champions.

Mantan bos United David Moyes untuk ke-15 kalinya gagal menang sebagai manajer tim tamu di Old Trafford dan pelatih asal Skotlandia itu menyesali pendekatan terlalu berhati-hati timnya sebelum tertinggal 0-1 pada awal babak kedua.

Tanpa Jesse Lingard yang tak boleh bermain karena berstatus pinjaman dari United, Moyes juga membangkucadangkan Pablo Fornals dan Said Benrahma karena kapten klub Mark Noble sudah bisa bermain lahli bersama bek sayap Ben Johnson dalam formasi lini tengah yang lebih ke depan.

Tuan rumah sendiri tak diperkuat Anthony Martial dan Edinson Cavani karena cedera sehingga Mason Greenwood diberi kesempatan memimpin lini depan dan nyaris membuka skor pada paruh pertama dari sejumlah peluang yang tercipta.

Sepakan kaki kiri Greenwood yang tajam dibelokkan ke tiang gawang oleh Lukasz Fabianski saat kiper asal Polandia berusia 35 tahun itu menunjukkan alasan mengapa pekan ini dia diberi kontrak baru satu tahun.

Namun tak ada yang bisa dilakukan Fabianski dalam menghentikan satu-satunya gol saat sundulan Dawson masuk ke gawang sendiri setelah diawali sepak pojok Bruno Fernandes delapan menit memasuki babak kedua.

Fabianski melakukan penyelamatan cemerlang lainnya untuk mementahkan tendangan Fernandes yang nyaris menggandakan keunggulan United tak lama kemudian.

Moyes lalu memasukkan Manuel Lanzini dan Benrahma selama 28 menit terakhir yang ternyata menghidupkan serangan West Ham.

Jarrod Bowen menyianyiakan sebuah peluang emas ketika menyundul bola melebar dari gawang. Tapi dia sudah berada dalam posisi offside.

Namun ketika tim tamu asyik menekan, United makin membahayakan melalui serangan balik dan Greenwood untuk kedua kali hampir menciptakan gol ketika kedua upayanya ini membentur tiang gawang, setelah berlari dari dalam area pertahanannya sendiri.

Mengutip AFP, catatan pertahanan yang terus meningkat menjadi kunci di balik majunya United di bawah asuhan Solskjaer yang kabarnya bakal segera meneken kontrak baru.

Tuan rumah bertahan untuk menyelamatkan clean sheet keempatnya berturut-turut di Liga Premier yang juga bisa mengamankan tempat mereka dalam Liga Champions musim depan setelah bertanding selama setahun penuh tanpa penonton di kandang mereka yang berkapasitas 75.000 penonton