Jelajah Wisata Budaya Unik Indonesia Sambil Traveling

  • Whatsapp

LamanQu.id – Setiap daerah, walaupun bahasanya sama, makanan khasnya sama, ras dan sukunya sama, pasti ada saja budayanya yang berbeda. Sebagai pecinta traveling dan budaya, kalian pasti sangat menyukai kegiatan jelajah budaya di Indonesia.

Mungkin saja ada beberapa budaya yang belum pernah kalian ketahui sebelumnya, budaya tersebut biasanya dikemas dalam bentuk sebuah festival ataupun dijadikan tempat situs sejarah untuk ditonton oleh para turis.

Dengan demikian, kalian harus mencari informasi terlebih dahulu nih sahabat LamanQu.id sebelum pergi ke tempat tersebut apabila yang berkaitan dengan Festival, sedangkan yang bukan, kalian bisa kunjungi kapanpun! Penasaran kira-kira di mana aja? Yaudah yuk, langsung kita simak ulasannya!

  1. Festival Lembah Baliem, Papua
Festival Lembah Baliem, Papua
Festival Lembah Baliem, Papua | @NET

Wisata budaya di Indonesia yang pertama adalah Festival lembah Baliem, Papua. Kalau dilihat dari gambarnya, sudah jelas nih sahabat explorer, festival yang satu ini berhubungan dengan sebuah peperangan atau pertempuran hebat.

Ini merupakan festival tahunan khas suku Papua. Festival Lembah Baliem ini, diambil dari kepercayaan yang dianut oleh masyarakat lokal di wilayah tersebut. Mereka mempercayai, bahwa perang itu bukan hanya sekedar sebuah pertempuran yang mementingkan atas wilayah, kekuasaan atau kepentingan lainnya. Menurut mereka, perang juga menjadi simbol dari kemakmuran dan kesuburan.

Baca Juga :  Wisata Mandalika Dengan Sejuta Pesona Alam Bebas

Tentunya, hal ini sangat bertolak belakang dengan misi perdamaian dunia. Oleh karena itu, dalam waktu kurang lebih 20 tahun belakangan, pemerintah setempat telah memberikan sosialisasi pada masyarakat mengenai perdamaian antara kedua suku.

Lalu pada akhirnya dibukalah Festival Lembah Baliem ini, yang bertujuan untuk menggantikan perang antar suku pedalaman tersebut menjadi sebuah kesenian yang sangat unik dan indah. Bagaimana sahabat ? Pasti bakalan seru banget ya dilihatnya!

  1. Festival Krakatau, Lampung
Festival Krakatau, topeng prajuri
Kemeriahan Festival Krakatau | @NET

Wisata budaya di Indonesia yang selanjutnya adalah Festival Krakatau di Lampung. Festival ini juga sama seperti yang sebelumnya yaitu diadakan secara tahunan atau setahun sekali. Sesuai dengan namanya, Festival Krakatau ini bertujuan untuk memperingati atau menghargai Pulau Vulkanik yang terkenal hingga ke luar negeri yaitu, Pulau Krakatau.

Selama festival, para pengunjung dapat menikmati bermacam-macam pertunjukkan khas daerah setempat. Salah satu pertunjukkan Lampung yang paling terkenal adalah Karnaval Topeng Lampung, dan juga ada atraksi gajah Way Kambas.

Baca Juga :  Tips Permohonan Visa Biar Cepat Disetujui

Biasanya festival ini diadakan antara bulan Juli – Oktober, sehingga kalian harus mencari informasi terlebih dahulu nih sahabat untuk mengunjungi tempat ini.

  1. Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

Wisata budaya di Indonesia yang selanjutnya adalah Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh. Berikut ini mungkin termasuk dalam kategori wisata religi ya sahabat. Aceh juga dibilang sebuah kota yang sangat kental dengan ajaran Islamnya, hingga mendapatkan julukan Serambi Mekah. Masjid ini, merupakan sebuah destinasi wisata religi yang paling populer di Aceh.

Sejarahnya, masjid ini adalah masjid kesultanan Aceh yang dibangun pada tahun 1022 Masehi oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Bangunan ini adalah miniaturnya Taj Mahal yang berlokasi di pusat Banda Aceh.

Masjid ini juga menjadi saksi bisu tragedi Tsunami Aceh yang tetap berdiri tegak. Banyak masyarakat yang mengunjungi Masjid ini karena keindahan arsitektur dan ukirannya yang menarik. Selain itu, masjid ini juga memiliki halaman yang sangat luas.

Baca Juga :  Tempat Wisata Di Ponorogo Dibalik Tersohornya Reog, Menyimpan Keindahan Lain

Jadi sahabat, kalau kalian sedang berada di Banda Aceh, jangan lupa untuk mengunjungi Masjid yang luar biasa indah ini ya. Pasti bagus banget deh kalau dilihat langsung dibandingkan dengan foto!

  1. Kapal Karam USS Liberty, Bali

Wisata budaya di Indonesia yang selanjutnya adalah Kapal Karam USS Liberty yang berada di Bali. Tempat ini, memang berkaitan dengan sejarah Perang Dunia II. Kapal ini karam pada tahun 1942. Beberapa tahun kemudian, kapal tersebut ditumbuhi oleh karang yang berwarna warni. Oleh karena itu, sekarang tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di kalangan para penyelam atau diver.

Karang inilah yang menjadi tempat tinggal berbagai macam biota laut yang sangat menakjubkan. Jadi bagi kalian yang ingin melihat keindahan bawah laut sambil melihat situs sejarah, tempat ini sepertinya cocok banget untuk kalian.

Sahabat LamanQu.id, itulah beberapa tempat wisata budaya di Indonesia yang bisa kalian kunjungi. Masih banyak lagi sebenarnya yang menarik dan unik llainnya.

baner perkot tentang vaksinasi, vaksinasi dan prokes 5m banner pemkot muba, selamat idul adha

Pos terkait