Pagi Ini Nilai Tukar Rupiah Bergerak Fluktuatif

  • Whatsapp
nilai tukar rupiah

LamanQu.id – Nilai tukar rupiah diperkirakan bergerak fluktuatif pada perdagangan hari ini, Jumat (26/2/2012).

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memperkirakan nilai tukar rupiah akan dipengaruhi rilis data pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal IV/2020.

Bacaan Lainnya

Rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.050 hingga Rp14.100 pada perdagangan Jumat,” ungkap Ariston.

Adapun pada perdagangan kemarin, nilai tukar rupiah ditutup naik tipis 2 poin atau 0,02 persen menuju Rp14.082 per dolar AS. Sementara itu, indeks dolar AS koreksi 0,19 persen menuju 90,002.

Ariston mengatakan pergerakan rupiah dipengaruhi oleh kenaikan bursa saham baik di wilayah Asia maupun secara global. Hal ini menandakan kenaikan selera investor terhadap aset-aset berisiko.

Hal ini ikut membantu penguatan mata uang rupiah,” katanya.

Penguatan rupiah juga ditopang oleh pernyataan Gubernur The Fed, Jerome Powell di hadapan Senat AS. Dalam pertemuannya, Powell mengatakan akan terus melanjutkan pelonggaran kebijakan moneter guna membantu pemulihan ekonomi AS.

Di sisi lain, angka kasus positif virus corona secara global juga mulai menunjukkan perlambatan. Hal ini juga ditambah dengan progres vaksinasi virus corona yang terus berjalan di seluruh dunia.

Kendati demikian, penguatan rupiah tertahan karena kenaikan tingkat imbal hasil (yield) obligasi AS (US Treasury) ke level 1,43 persen. Tingkat yield tersebut merupakan yang tertinggi sejak Februari 2020 lalu.

Kenaikan imbal hasil US Treasury juga menambah daya tarik mata uang dolar AS,” lanjutnya.

selamat menunaikan ibadah puasa vaksinasi di palembang, ayo vaksinasi, sukseskan vaksinasi di palembang himbauwan 3m dan 3t
Baca Juga :  Fenomena Influencer Saham, BEI Disarankan Ikut Edukasi