Kuliner Pindang Ikan Patin Menggugah Selera Dengan Cita Rasa Khas

  • Whatsapp
Kuliner Pindang Ikan Patin, makanan khas palembang, kuliner kota palembang, nikmatnya pindang patin
Seporsi Pindang Ikan Patin | @LQ Koleksi

LamanQu.id – Pindang ikan patin adalah kuliner khas penggugah selera yang berasal dari Palembang. Kekhasannya terletak pada cita rasanya yang lebih berwarna.

Tentunya beda dengan pindang-pindang yang ditemukan di pulau Jawa. Nah wisatawan asing juga pada suka pindang loh! Biar ga keki waktu makan bareng mereka, yuk mulai belajar bahasa inggris dari sekarang.

Bacaan Lainnya

Di pulau Jawa, ikan segar yang diolah menjadi ikan tahan lama disebut pindang. Biasanya, pindang ini masih perlu dimasak sebelum layak konsumsi. Sementara di Palembang, pindang yang dimaksud beda sekali dengan di Jawa. Apa ya perbedaannya?

Dan untuk yang baru mendengar pindang pasti bertanya-tanya Apa Itu Pindang? Untuk menjawab semua pertanyaan kamu, yuk perhatikan ulasan berikut ini!

Sekilas Pindang Ikan Patin Palembang

Pindang ikan patin sendiri sudah merupakan olahan jadi. Dibuat dengan memanfaatkan daging ikan patin. Diolah dengan bumbu-bumbu, menjadi sajian ikan yang dibaluri dengan kuah sedap.

Sajian ini adalah bentuk lauk dari menu utama. Artinya, kamu akan mengkonsumsinya sebagai lauk dengan nasi atau pengganti nasi. Bukan dikonsumsi secara langsung.

Lauk ini banyak dijumpai di daerah Sumatera Selatan. Terutama di Palembang yang merupakan kawasan yang diklaim asal sajian tersebut. Kekhasan terletak pada cita rasanya. Ikan diolah sampai matang. Kemudian bumbu-bumbu yang digunakan pun beragam. Mulai dari bawang merah, sampai cabe. Kemudian bumbu ditumis dan diberi air agar menjadi kuah.

Penyajiannya, ikan tersebut sudah berada di dalam kuah. Artinya, satu mangkuk sendiri sudah lengkap dengan kuah. Cita rasanya lebih nikmat yang berasal dari daging ikan patin. Kemudian lebih lengkap dengan rasa asam manis berpadu dengan cita rasa pedas.

Cara Membuat Pindang Ikan Patin

Rasanya dijamin pasti bakal buat kamu ketagihan. Tak heran jika kamu akan mencarinya sebagai menu spesial di rumah. Nah, untuk mengakalinya, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana cara membuatnya?

Bahan-bahan yang wajib disediakan

Bahan Utama

Selain Ikan Patin yang dipotong menjadi dua bagian. Bahan lainnya adalah batang serai dimemarkan, daun salam, irisan jahe halus, irisan lengkuas, irisan kunyit bakar, potongan tomat, garam, dan kecap manis. Selain itu, sediakan juga potongan nanas, daun kemangi, daun bawang, air, serta air asam.

Bahan di atas perlu dilengkapi dengan bumbu halus. Bumbu halusnya berasal dari 8 bawang merah, 3 siung bawang putih, cabe merah besar dan keriting sesuai selera. Cabai ini bisa disesuaikan dengan selera pembuatnya. Jadi, bisa ditambahkan beberapa jika ingin lebih pedas.

Cara membuat pindang ikan patin

Cara membuat pindang ikan patin, resep pindang patin, resep pindang ikan patin, cara buat pindang patin
Cara Membuat Pindang Ikan Patin | @LQ Koleksi

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat olahan pindang ikan patin Palembang supaya cita rasanya mirip dengan aslinya.

Melumuri Ikan dengan Jeruk Nipis

Selain jeruk nipis, jangan lupa juga untuk menambahkan garam. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menitan.

Campurkan Bumbu Halus

Bumbu halus berupa kunyit, jahe, lengkuas daun salam dan serai, dihaluskan dan dioleskan ke dalam ikan. Baru kemudian tuangkan air ke dalamnya.

Memasak Ikan

Masak ikan di atas api sampai daging ikan matang.

Tambahkan Tomat dan Penyedap

Selain menambahkan tomat, tambahkan juga kecap manis dan garam sebagai penyedap. Aduk agar bumbunya merata pada daging ikan.

Tambahkan Nanas dan Air Asam

Masak hingga nanas terlihat layu. Baru kemudian masukkan daun kemangi dan daun bawang. Di sini, masaklah sebentar saja karena ikan sebenarnya sudah matang. Setelah dirasa matang, angkat masakan dan tuangkan dalam mangkuk. Sajikan sebagai lauk untuk menemani nasi.

selamat menunaikan ibadah puasa vaksinasi di palembang, ayo vaksinasi, sukseskan vaksinasi di palembang himbauwan 3m dan 3t
Baca Juga :  Isteri Ribut Dengan Kakak Ipar, Suami Ancam Dengan Parang