BKPRMI Palembang Kenalkan Siroh Nabawiyah untuk Santri TPA

News, Pendidikan
Generasi yang Cinta Rasulullah dan Alquran , Komunitas Inspirasi Rumah Sirah , Perjalanan Nabi dan Rasul
Kegiatan Edukasi Siroh Nabawiyah | @LQ Koleksi

Palembang, LamanQu.idDewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pengurus Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) kota Palembang, melakukan kegiatan edukasi Siroh Nabawiyah untuk Santriwan dan Santriwati TPA 481 Masjid Nurul Huda Palembang. Rabu(24/02/2021).

BKPRMI Palembang menggelar kegiatan itu bekerjasama dengan Komunitas Inspirasi Rumah Sirah (Imara).

Ketua BKPRMI Kota Palembang H.M. Ifan Fahriansyah, SKM, M.Kes, menyebutkan agenda ini lebih ke edukasi pengenalan siroh (berkisah_red) nabawiyah, sehingga harapan kedepannya anak-anak TPA makin cinta Rasulullah.

Ifan menjelaskan, agenda ini dilakukan melalui cerita, dialog interaktif yang dibantu dg multi media. Ia berharap, agenda seperti ini dapat dilakukan di unit TPA lainnya.

“Hari ini launching pertama kalinya, semoga kedepannya kegiatan TPA lebih dinamis dan menarik,” harap Ifan.

Dengan adanya kegiatan ini, kata Ifan, harapannya santri-santri lebih semangat dalam beribadah, yang nantinya menghasilkan santri yang memiliki moralitas yg baik, generasi penerus yang sholeh maupun sholeha.

Founder Komunitas Imara Oki Veronika menjelaskan, komunitas Imara secara khusus membuat program untuk ke TPA-TPA atau ke Kelurahan-kelurahan yang ada di kota Palembang.

Visi misinya untuk membumikan ‘Siroh’ khususnya di kota Palembang. Dan, insyallah akan menyebar ke Sumatera Selatan (Sumsel).

“Ini yang pertama kali, dan ini untuk percontohan. Hasilnya nanti akan di laporkan ke BKPRMI kemudian nanti akan diteruskan ke Gubernur Sumsel,” terangnya.

“Insyallah, kalau mereka berkenan akan mensupport kegiatan ini khususnya di Palembang,” sambung Oki.

Menurut Oki, metode pembelajarannya lebih kepada berkisah, karena selama ini hal itu sudah dilupakan, kalau dulu sebelum tidur orang tua kita selalu mengisahkan tentang perjalanan Nabi dan Rasul, jadi kita akan melestarikan kembali kegiatan Siroh atau berkisah ini.

“Harapannya, biar anak-anak bisa lepas juga dari gudgetnya, dan tentu lebih mengenal Rasulullah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Nurul Huda, H. Ahmad Wasdir menyampaikan, ucapan terima kasih ke DPD BKPRMI Palembang dan Imara, yang telah mengadakan agenda ini, untuk pertama kalinya di masjid Nurul Huda.

Ia juga menjelaskan, dengan adanya agenda ini, dapat membuat 125 santri dan santriwati di TPA 481 ini, menjadi generasi yang cinta Rasulullah dan Alquran.

“Mudah-mudahan dapat menjadi pencerahan, bagi santri dan santriwati di TPA 481 ini,” ujarnya.

Ahmad melanjutkan, selama di masa pandemi Covid-19, proses belajar tetap dilakukan, dengan mekanisme bergantian di 4 kelas, serta mematuhi protokol kesehatan. Ahmad juga berharap agenda seperti ini tetap berjalan

“Tetap semangat buat BKPRMI dalam menjalankan agenda-agendanya,” pungkasnya.