Waspada, Hacker Medsos Berhasil Tipu Korbannya

Hukum, Kriminal
DM Akun Instagram , meminta uang kepada korban , Top Up Aplikasi Ovo

Palembang, LamanQu.idNadya Nur Zuliana (23), menjadi korban penipuan hacker yang membobol akun Instagram milik temannya, dengan membobol akun medsos pelaku berhasil menipu pengguna medsos.

Peristiwa tersebut dialami korban pada Jumat (12/2/2021) sekira pukul 06.00 WIB bermula mendapat pesan (DM) dari akun Instagram @agunghadi_s teman korban, Isi pesan yang di terima bahwa pelaku meminta tolong untuk top up aplikasi Ovo milik pelaku sebesar Rp 1,5 juta.

Karena percaya yang meminta temannya korban pun mengirimkan uang sebesar Rp 1,5 juta yang diminta pelaku. Korban pun tertipu lantaran pelaku yang telah berhasil membobol akun temannya. Menggunakan akun tersebut pelaku meminta bantuan.

Namun, saat menghubungi langsung ke nomor handphone temannya, ternyata pemilik akun itu mengaku tidak pernah meminta uang kepada korban.

Korban lalu sadar kalau dirinya telah tertipu, hingga akhirnya korban melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Palembang, Sabtu (13/2/2021).

“Percaya saja karena yang meminta tolong teman saya Agung Hadi Sutrisno karena itu akun miliknya, makanya saya mau mentransfer uang yang diminta melalui M Banking bank BRI,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Kemudian, korban mengatakan, pelaku kembali lagi meminta di kirimkan uang ke akun ovo pelaku. Setelah yang pertama berhasil menipu korban.

korban Saat Melapor Kasus Penipuan | @LQ Koleksi

“Saya lalu mengatakan bahwa saldo saya sudah habis, karena merasa tidak enak bercerita di DM Instagram, akhirnya saya menelpon langsung. Setelah itu teman saya mengatakan kalau tidak ada meminta transfer uang kepada saya, jadi saya katakan coba cek akun milik nya. Setelah di cek ternyata tidak bisa di buka atau sudah di hack orang,” terangnya.

Sementara, laporan korban sudah diterima anggota piket SPKT Polrestabes Palembang unit II dan laporan akan segera di teruskan ke Satreskrim untuk penyelidikan lebih lanjut.