Jum’at 12 Februari 2021 Tahun Baru Imlek Shio Kerbau Logam

  • Whatsapp
Tahun Baru Imlek, Shio Kerbau Logam

LamanQu.id – Tahun Baru Imlek 2021 jatuh pada Jumat (12/2/2021). Tahun Baru China 2021 atau 2572 menandai masuknya tahun untuk shio Kerbau Logam.

 Saat perayaan Imlek, tidak jarang terderangar ucapan Gong Xi Fa Cai. Selamat Tahun Baru Imlek diyakini sebagian orang sebagai arti dari Gong Xi Fa Cai.

Bacaan Lainnya

Baca Juga :  Sering Merasa Lelah ? Ini Tips Mengatasinya  

Dosen Program Studi (Prodi) Bahasa Mandarin Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Monika Herliana mengatakan bahwa arti Gong Xi Fa Cai bukanlah selamat Tahun Baru Imlek. Gong Xi Fa Cai yang dibaca kong si fa tchai, merupakan ucapan berisi harapan dan doa pada saat tahun baru tiba.

“Gong Xi artinya ‘selamat’, sedangkan Fa Cai artinya kemakmuran atau menghasilkan uang.”

“Jadi secara harafiah, ucapan Gong Xi Fa Cai artinya berharap di tahun yang baru kita semua mendapatkan kemakmuran dan kekayaan,” katanya, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga :  Ragam Ikan Hias Air Tawar yang Gampang Dipelihara

Selanjutnya, Monika mengatakan bahwa ucapan Gong Xi Fa Cai saat Imlek bersifat universal. Hal itu karena populasi suku Tionghoa tersebar di berbagai negara lain, tidak hanya di Indonesia.

“Hal ini membuat ucapan Gong Xi Fa Cai juga dikenal di negara selain Indonesia,” kata dia.

Kemudian, Monika mengungkapkan, ucapan yang lebih tepat untuk disampaikan saat Tahun Baru Imlek adalah Xin Nian Kuai Le (新年快乐), atau dibaca sin nien khuai le.

‘Xin Nian’ artinya tahun baru dan ‘Kuai Le’ artinya bahagia. Secara harafiah, ucapan Xin Nian Kuai Le merujuk pada tahun baru yang bahagia.

Baca Juga :  Imlek Usung Semangat Persatuan, Biku Lian Pu Ungkap Rangkain Ibadah Umat

“Ucapan ini pada umumnya diucapkan kepada saudara dan rekan-rekan yang merayakan Imlek,” kata dia.

Selain Xin Nian Kuai Le, ucapan selamat tahun baru Imlek lainnya adalah Guo Nian Hao.

‘Guo Nian’ artinya melewati tahun baru, ‘Hao’ artinya baik. Dengan demikian arti Guo Nian Hao adalah selamat tahun baru dan dapat merayakan dengan baik dan gembira.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Imlek 2021, satu di antaranya dengan membagikan ucapan-ucapan.

selamat menunaikan ibadah puasa vaksinasi di palembang, ayo vaksinasi, sukseskan vaksinasi di palembang himbauwan 3m dan 3t