Drama Lima Gol, MU Akhirnya Menang 3-2 Atas Liverpool

Bola, Olahraga
Gol MU , Liverpool tanpa ragu melancarkan serangan , tembakan ke kotak penalti

LamanQ.idDrama lima gol tercipta saat Manchester United menjamu Liverpool pada putaran keempat Piala FA di Old Trafford, Senin (25/1) dini hari WIB. MU menang 3-2 atas Liverpool saling kedua tim saling balas gol.

Liverpool tanpa ragu melancarkan serangan ke lini pertahanan tuan rumah. Robertson melakukan permainan ke kanan dan Alexander-Arnold melakukan umpan silang rendah ke dalam kotak. Bola jatuh ke kaki Wijnaldum yang langsung menembakkannya tapi bek kiri itu membloknya.

Di menit ke-4, Rashford melakukan tembakan ke kotak penalti, tapi dia tidak bisa menemukan cara melewati Fabinho, jadi dia mengopernya ke Shaw di sebelah kiri. Dia mengayunkan umpan silang ke arah Van de Beek di tiang dekat, tetapi Williams melewatinya untuk mencegatnya.

Dua menit berselang, MU kembali mengancam dengan Maguire melakukan umpan panjang ke atas kepada Cavani yang berlari di antara dua bek Liverpool. Namun, bola terlalu deras dan Alisson bergegas keluar dari kotaknya untuk menjauhkannya dari bahaya.

Manchester United mendapat peluang di menit ke-10 saat Greenwood mengambil bola di garis tengah dan membawanga ke kanan dan masuk ke dalam kotak. Ia melepaskan tembakan dari sudut sempit di tiang dekat namun Alisson menahan dengan kakinya.

Di menit ke-14, Cavani berhasil memanfaatkan bola lepas dan melakukan tembakan ke kotak penalti Liverpool. Dia memiliki dukungan Rashford, tetapi dia memilih untuk memainkannya ke Greenwood di sebelah kanan, namun tembakannya melebar dari tiang dekat.

Liverpool justru unggul lebih dulu di menit ke-18 saat Salah menjauh dari Lindelof di tepi kotak, dan Firmino memainkannya. Dia berhadapan satu lawan satu dengan Henderson dan dia dengan tenang melakukan tendangan melewati kiper dan masuk ke belakang gawang. Salah membawa Liverpool unggul 1-0.

Manchester United baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-26, United mematahkan serangan balik dengan cepat dan merupakan peralihan permainan yang bagus dari Rashford untuk melihat pergerakan Greenwood di sisi kanan. Dia membobol gawang dan melepaskan tembakan ke gawang dan ke sudut paling bawah. Skor berubah 1-1.

Di menit ke-43, Pogba yang mengambil langkah untuk melakukan tendangan bebas dan mengarahkan tendangan ke tiang jauh. Namun bola masih melebar dari target.

Memasuki tambahan waktu, Rashford melewati dua pemain Liverpool saat ia memotong ke dalam dari kiri dan mengoper ke Greenwood, yang kemudian dilanjutkan kepada Pogba, yang mencoba melepaskan tembakannya ke tiang dekat, tapi tendangannya masih melebar. Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang 1-1.

Di babak kedua, Manchester United membalikkan keadaan saat laga beru berjalan tiga menit. Williams melewatkan bola saat ia mencoba menghalau umpan Greenwood dan bola diteruskan ke Rashford yang mempunyai ruang tembak. Alisson bergegas keluar dari garisnya, tetapi Rashford mengirimkan bola melewatinya dan masuk ke sudut paling bawah. MU pun unggul 2-1.

Merasa tertinggal, Liverpool terus mendorong ke depan untuk mencoba bereaksi cepat terhadap gol United. Robertson memainkan umpan silangnya ke tepi kotak, tetapi bola terlalu deras dan Salah tak bisa menahannya.

Di menit ke-58, Thiago memberikan umpan silang yang bagus ke tengah kotak penalti yang diterima oleh Firmino. Milner berlari ke atasnya dan mencoba mengangkatnya melewati Henderson, tetapi tembakannya melesat di atas mistar gawang.

Tak lama berselang pasukan Jurgen Klopp akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui gol yang diciptakan oleh Salah. Itu adalah kesalahan dari Cavani yang membuat Liverpool menyerang dan United tidak bisa mendekati mereka. Setelah menerima assist dari Firmino Salah langsung melepaskan tembakannya ke gawang dari tepi kotak penalti.

Skor berubah 2-2. Di menit ke-60 Liverpool kembali menekan dan menemukan lebih banyak ruang di lini belakang MU yang tidak bisa menguasai bola cukup lama untuk keluar dari area mereka sendiri.

Alexander-Arnold masuk ke dalam kotak dari kanan dan menerima operan dari Salah. Dari sudut sempit itu dia melepaskan tembakannya, dan Henderson berhasil melakukan penyelamatan dengan menepisnya ke tiang dekat.

Henderson kembali melakukan penyelamatan di menit ke-67 untuk menggagalkan hat-trick dari Salah. Salah mendapat umpan terobosan dari Firmino dan diselesaikan dengan tembakan rendah ke gawang, tetapi Henderson masih bisa mendorongnya keluar.

MU kembali unggul saat Fernandes mengambil tendangan bebas di menit ke-78. Dia melepaskan tembakannya melewati Thiago yang berada di tepi pagar betis dan mengarah ke tiang jauh, di mana Alisson tidak bisa menghentikannya. Tuan rumah pun unggul 3-2.

Klopp merespon ketertinggalannya dengan melakukan pergantian ganda. Firmino ditarik keluar, dengan Origi menggantikannya dan Thiago digantikan oleh Shaqiri. Liverpool terus menekan pertahanan MU untuk merubah keadaan. Dan MU pun bersikeras menutup ruang bagi Liverpool dengan menarik semua pemain ke aeranya sendiri.

Susunan pemain kedua tim:

Manchester United (4-2-3-1): Dean Henderson; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Paul Pogba, Scott McTominay; Mason Greenwood, Donny van de Beek, Marcus Rashford; Edinson Cavani.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Rhys Williams, Fabinho, Andy Robertson; James Milner, Thiago, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Curtis Jones.