Dirjen Migas Buka-bukaan Soal Nasib Migas 2021

Opini
anjloknya harga minyak , industri minyak dan gas bumi , investasi sektor energi

Pak menteri juga telah keluarkan aturan harga gas US$ 6 per MMBTU. Dari informasi yang kita peroleh dari Kemenperin, itu membantu industri menumbuhkan industrinya. Jadi itu signifikan dampaknya.”

Produksi migas di dalam negeri harus ada investasi dan kerja sama dengan swasta. Blok Rokan ada transisi dari Pertamina ke Chevron, prosesnya seperti apa?

“Kami dapatkan informasi bahwa transisinya berjalan smooth, berjalan bagus, CPI sangat kooperatif dan bekerja sama dengan Pertamina, difasilitasi SKK. Sampai saat ini berjalan bagus. Masih ada proses saja yang belum selesai. Memang ini memengaruhi produksi nasional nanti.

Harapannya investasi tetap dilakukan karena ini sangat tergantung dari pertahankan atau peningkatan produksi, ini porsinya besar untuk produksi nasional. Kita harapkan bisa selesai dengan baik sampai awal tahun depan, terima kasih kepada CPI, SKK Migas, dan Pertamina mudah-mudahan bisa smooth sampai selesai.”

Dengan transisi diharapkan bisa smooth, apakah bisa dorong produksi migas kita di Blok Rokan, peningkatan 2021 mendatang?

“Jadi, kalau kami mengamati di Blok Rokan masih banyak potensi, masih bisa dikembangkan, tidak hanya EOR, tapi juga untuk lapangan-lapangan yang memang belum dikembangkan. Di sana ada beberapa lapangan yang kami lihat potensinya masih besar diambilnya masih dimungkinkan ditingkatkan lagi jumlahnya cukup besar. Jadi, informasi yang tepat informasi yang menyeluruh dari CPI ke Pertamina itu menjadi kualitas dan kuantitas eksplorasi jadi kunci untuk alih kelola ini sehingga bisa meningkatkan produksi.”