Wujudkan Wisata  Air , Harnojoyo Kerahkan Seluruh OPD Gotong Toyong di Pulau Kemaro

News, Sumsel
Destinasi Wisata Air , Gerakan Gorong Royong , pengembangan wisata di Pulau Kemaro , sampah di pulau legenda

Palembang, LamanQu.idWalikota Palembang H.Harnojoyo terus memperkaya pundi–pundi kunjungan destinasi wisata di Kota Palembang.
Guna mewujudkan Pulau Kemaro menjadi pusat wisata air, Minggu (10/1/2021) orang nomor satu di kota tertua di Indonesia ini mengerahkan semua pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bergotong royong membersihkan enceng gondok dan sampah di pulau legenda tersebut.

“Kita akan fokus terlebih dahulu bersih-bersih di kawasan tersebut, karena kondisinya harus kita tata kembali mengingat sudah lama tidak dimonitor,” kata Harnojoyo.

Gerakan gorong royong yang pertama di mulai tahun 2021 ini, juga melibatkan semua komponen Cooperate Sosial Responbilty (CSR) yang ada di Palembang, terutama pembersihan Bungao di Pulau Kamaro.

“Kedepan Pemkot bersama Social Responsibility (CSR) akan secepatnya melakukan penantaan wisatan air yang ada di disini,” ungkapnya.

Pusat wisata Ancol yang ada di Jakarta, menjadi rujukan Harnojoyo untuk pengembangan wisata di Pulau Kemaro menjadi pusat wisata air nantinya.

“Ya konsepnya kita adopsi seperti Ancol kurang lebih seperti itu. Maka dari itu setiap minggunya kegiatan ini akan kita lakukan, saya sendiri yang akan terjun langsung,” katanya .

Pulau kemaro, wisata air, kegiatan gotong royong

Ia juga menambahkan bahwa Pemkot Palembang sudah membentuk tim percepatan pembangunan Pulau Kemaro ini, seperti diketahui lahan yang ada dikawan tesebut sekitar 25 hektar kondisinya belum maksimal.

Tim yang akan langsung di monotoring Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa, kata Harnojoyo akan secara rutin akan memonitor.

Nah untuk target pengembangannya nanti akan melibatkan semua CSR.

“Kemudian kita akan usulkan APBD Provinsi dan APBN untuk mensuport pembangunan tersebut. Untuk APBN sendiri kita rencanakan untuk membangunan jembatan, selain akses dengan menggunakan jalur ari kita bisa usulkan menggunakan jalur darat melalui jembatan tersebut yang akan kita usulkan melalui dana APBN,” tegasnya.