Deklarasi Damai Siap Kalah dan Siap Menang

News, Sumsel
Aman Damai dan Sehat , Deklarasi Damai , kesehatan masyarakat , Pilkada Serentak , Talk Show di RRI Palembang

Palembang , LamanQu.idKapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri,S MM saat dihubungi Awak media sesaat setelah talk show di RRI Palembang ia menegaskan kalaulah Pilkada serentak itu Aman Damai memang sudah protap kita selaku aparat Penegak Hukum.

Namun, Kapoda menegaskan, “Kesehatan masyarakat itu lebih diutamakan oleh karenanya kita mengutamakan Pilkada serentak itu Aman Damai dan Sehat”.

“Ini berarti kita menjamin kamtibmas ditujuh wilayah Kabupaten Pilkada serentak di Sumsel ini serta kesehatan keselamatan masyarakat lebih utama dan tak boleh diabaikan,”imbuhnya.

Bahkan Kapolda pada kesempayan itu, juga mengingatkan yang tak kalah Pentingnya bagi setiap Pasangan, baik itu Calon Bupati maupun Calon Wakil Bupati yang ikut bertarung pada pilkada serentak di Tujuh Kabupaten Wilayah Sumsel Untuk Berikrar Siap Kalah dan Siap Menang.

“ Jati saya juga mengingatkan untuk masing masing kontestan baik Calon Pasangan Bupati maupun wakilnya secara jantan bagi yang dikalahkan untuk menerima kekalahan,” tegas Kapolda.

“Kalau pun rasa kurang puas dengan hasil yang dicapai maka silahkan menempuh jalur Hukum yang berlaku baik itu melalui Bawaslu Kpu dan lain sebagainya,” tambahnya.

“Polri Menghimbau silahkan bertanding tapi Siap Kalah dan Siap menang,”Imbau Kapolda Sumsel itu.

Secara terpisah Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM menjelaskan dalam Pilkada serentak kali ini kita berhadapan dengan Permasalahan disamping kita Pam Pilkada mulai pendaftaran calon, kampanye, pencoblosan sampai pelantikan nantinya namun tak kalah penting adalah masalah kesehatan dan keselamatan karena Pilkada saat ini ditengah pandemi covid 19.

“Wujud imbauan Kapolda Sumsel didalam Pilkada serentak ini langsung ditanggapi oleh para kasatwil jajajaran yang daerahnya dilaksanakan pilkada serentak pada hari ini, untuk melaksanakan Deklarasi Damai Siap menang dan Siap Kalah pilkada serentak 2020 ditujuh Kabupaten wilayah Sumsel,”ungkap Supriadi.

Kabid Humas juga menjelaskan, pada hari ini Kamis tanggal 03 Desember 2020, telah berlangsung kegiatan Ikrar atauDeklarasi Damai Siap Menang – Siap Kalah Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak tahun 2020 di Prov Sumsel.

Diinformasikan Kegiatan ikrar / deklarasi damai berlangsung di Mapolres yang akan melaksanakan Pilkada yaitu Kab. Ogan Ilir, Kab. Pali, Kab. OKU, Kab. OKU Timur, Kab. OKU Selatan, Kab. Musi Rawas dan Kab. Musi Rawas Utara.

Kegiatan dihadiri oleh Masing – Masing Paslon Peserta Pilkada, Timses, KPUD, Panwaslu, serta unsur Muspida TK II Kab/Kota.

Disebut Kabid Humas juga terkait isi dari ikrar tersebut yang harus dibacakan masing – masing pasangan calon yaitu, “Pertama, “Siap menang dan Siap Kalah”. Dan kedua, “Akan menyelesaikan segala permasalahan terkait Pilkada dengan jalur Hukum dan perundangan yang berlaku”.

Ketiga, “Akan terus mematuhi Protokol kesehatan setiap tahapan Pilkada,” kata kabid Humas.

Keempat, “Terus menjaga situasi Kamtibmas tetap Kondisif di setiap tahapan agar pelaksanaan Pilkada berjalan aman, damai dan sehat”.

Terakhir, kelima, “ Akan terus menghimbau dan mengembalikan para pendukung / simpatisan agar tidak melakukan tindakan anarkis atau yg bertentangan dengan Hukum dan perundangan yg berlaku,”timpal Kombes Pol Supriadi,MM

Kemudian Kabid Humas Polda Sumsel itu juga menyampaikan ketentuan yang tak boleh diabaikan yakni,

Pertama, “ Kegiatan ikrar / deklarasi damai yang dilakukan hari ini merupakan tindak lanjut dari surat Himbauan Kapolda Sumsel kepada masing – masing Paslon untuk bersama menjaga kondusifitas serta tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di Prov. Sumsel.”.

Kedua, “Selain membacakan , masing – masing paslon juga menandatangani ikrar tersebut sebagai bentuk dukungan untuk bersama menjaga situasi kondusif pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020”.

Ketiga, “ Hal tersebut harus dilakukan di wilayah Prov Sumsel terdapat 7 (tujuh) daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020, yaitu Kab. Ogan Ilir, Kab. Pali, Kab. OKU, Kab. OKU Timur, Kab. OKU Selatan, Kab. Musi Rawas dan Kab. Mus Rawas Utara”, kata Kabid Humas Polda Sumsel itu.

Serta keempat, sambung nya, “ Dengan adanya ikrar atau deklarasi damai tersebut diharapkan Pilkada di Sumsel dapat berlangsung sukses dengan situasi yang kondusif,” tandasnya.(ril/ari/tisna)