Festival Kapal Hias Nelayan Sungsang Tahun 2020

News, Sumsel
Belanja kuliner di kapal nelayan , Event Festival Kapal Hias , Festival Kapal Hias Nelayan Sungsang , membangkitkan perekonomian , parade dan lomba kapal hias

Banyuasin, LamanQu.idAgenda wisata air yang dikemas dalam tajuk “Festival KAPAL HIAS NELAYAN SUNGSANG Tahun 2020bakal digelar pada Desember mendatang.

Festival kapal hias Nelayan Sungsang ini nantinya akan menampilkan Parade dan lomba Kapal hias Nelayan berupa Kapal jenis Pompong dan Jol.

Selain itu juga direncanakan menyajikan kepada pengunjung Belanja kuliner di kapal nelayan, menjadi Nelayan sehari dan pameran produk – produk UMKM yang ada di Sungsang, juga pemandangan deretan kapal-kapal yang berjejer di laut Sungsang.

Hal tersebut diungkapkan, Camat Kecamatan Banyuasin II Salinan saat memimpin rapat persiapan dan kepanitian Event Festival tersebut, bertempat di Ruang rapat Kantor Kecamatan Banyuasin II, Kamis (19/11/2020).

Kepanitiaan diputuskan dipimpin langsung oleh Camat Banyuasin II, yang didukung Kapolsek Sungsang IPTU Bambang Wiyono SH, Danramil Sungsang yang diwakili Peltu Salamun,AT, dari Polairud diwakili Bripka Gusti, Kepala Desa Sungsang I, II, III dan IV serta Marga Sungsang, tokoh masyarakat dan Pokdarwis serta Rivai dari Yayasan Penabulu.

Dikatakan Salinan, tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk memperkenalkan budaya nelayan Sungsang kepada masyarakat luas. Selain itu, Salinan juga menyebut multiplier effect yang bakal digerakan dari event tersebut termasuk menggerakan ekonomi dan UMKM di wilayah Kecamatan nya.

Hal hal termasuk produksi rumahan komoditas masyarakat nelayan tentunya bakal menjadi primadona, tinggal lagi bagaimana semua pihak bisa ikut membantu mengemas kegiatan sebaik mungkin.

“Selain akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Sungsang, tentunya akan membangkitkan perekonomian khusus UMKM yang ada di Sungsang termasuk produk rumahan bisa menjadi oleh oleh untuk para wisatawan bawa pulang,” papar Salinan.

Pada kesempatan itu, Camat Salinan pun meminta semua pihak untuk memberi dukungan untuk sukses nya acara ini. Bagi nya sangat lah beralasan sebab potensi wilayah, sumber daya alam dan SDM yang ada di perairan Sungsang ini cukup bisa dijadikan alasan mengapa acara ini perlu digelar.

“Untuk itu kami mohon dukungan dari masyarakat baik berupa dana, tenaga, pemikiran dan dukungan moral guna terlaksananya event ini, Kalau Event Festival Kapal Hias Nelayan tahun 2020 ini Sukses, Maka event ini akan dilaksanakan rutin setiap tahun,” camat kembali memaparkan.

Kecamatan Banyuasin II sudah teragenda minimal 3 event dalam setiap tahunnya, seperti yang sudah perna dilaksanakan yaitu lomba bidar, mungkin juga, Festival kampung Nelayan, festival ikan bakar dan lain-lain.

“Dengan Bismilah kita akan mulai bekerja untuk sukses acara ini,” tandasnya(*)

Laporan : Amri
Editor : Goik