BLT Gaji Guru Honorer Siap Di Luncurkan

Pendidikan
bantuan subsidi upah , BLT Gaji Guru Honor , Gaji Peserta BPJS Ketenagakerjaan , Program Kartu Prakerja , Subsidi guru honorer cair

Palembang, LamanQu.id – Kabar baik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dimana tidak lama lagi akan ada bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT gaji untuk guru honorer, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Non PNS.

Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dipastikan akan meluncurkan program tersebut pada Selasa (17/11) mendatang.

“(Subsidi guru honorer cair) tunggu peluncurannya hari Selasa (17/11) siang oleh MM (Mas Menteri) ya,” kata Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), di nukil dari detik.(15/11/2020)

Dari kabar tersebut masih belum di ketahui apakah setelah diluncurkan itu BSU atau BLT gaji dapat langsung ditransfer kepada guru penerima atau tidak.

Berdasarkan informasi besaran yang akan diberikan sama seperti subsidi karyawan yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta, yakni Rp 600 ribu per bulan.

Sementara itu syaratnya mereka harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) per akhir Juni 2020.

Syarat berikutnya BSU diberikan kepada guru honorer dan PTK Non PNS lainnya yang belum mendapatkan subsidi upah dari program pemerintah yang sebelumnya. Program sebelumnya yang dimaksud adalah subsidi gaji untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Namun perlu diketahui kalau penerima BSU atau BLT gaji ini adalah PTK yang tidak masuk ke dalam program Kartu Prakerja, dan PTK yang akan mendapatkan bantuan subsidi upah adalah mereka yang mendapat gaji Rp 5 juta ke bawah.(RED)