Makanan Pelancar Peredaran Darah

  • Whatsapp
melancarkan sirkulasi darah

LamanQu.id – Musim penghujan rentan akan terkena penyakin seperti flu, demam, dan sebagainnya, namun hal itu tidak akan terjadi jika imun tubuh kita berada dalam kondisi fit.

Tapi kondisi fit tidak selamanya dapat dimiliki ada kalanya tubuh dalam keadaan kritis, disaat itu lah butuh asupan makanan yang dapat melancarkan peredaran darah.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu melancarkan peredaran darah.

  1. Jeruk
buah jeruk, pelancar peredaran darah
Buah Jeruk | @LQ Koleksi

Jeruk tergolong sebagai jenis buah untuk melancarkan peredaran darah berkat kandungan vitamin C yang tinggi.

Pasalnya, senyawa tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas di dalam tubuh sehingga jantung maupun pembuluh darah akan tetap sehat dan berfungsi dengan optimal.

Baca Juga :  Ajak Warga Siap Divaksin, Dodi Reza Libatkan Tomas dan Ulama

Di samping itu, jeruk juga mengandung flavonoid yang konon dapat berfungsi sebagai zat antikanker.

  1. Kacang Almond
kacang almod, perlancar sirkulasi darah
Kacang Almod | @LQ Koleksi

Pada Kacang Almond mengandung protein nabati, serat, vitamin E, magnesium dan lemak tak jenuh, di mana semua kandungan tersebut berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa kacang almon memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi saat dimakan utuh dengan kulitnya.

Dengan kata lain, mengonsumsi kacang almon beserta kulitnya secara rutin dan teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh Anda.

  1. Alpulkat
Baca Juga :  Cara Terhindar Dari Demam Berdarah Di Musim Hujan
Alpulkat, buah untuk melancarkan sirkulasi darah
Alpulkat | @LQ Koleksi

Dari sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association, memasukkan alpukat ke dalam menu harian dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Hal ini utamanya dirasakan oleh orang-orang kelebihan berat badan atau obesitas.

Tidak hanya terbatas pada hal itu, alpukat juga kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu menjaga sirkulasi darah.

 

  1. Pisang
pisang, manfaat pisang
Buah Pisang | @LQ Koleksi

Tidak ada yang tidak kenal dengan Pisang, tapi belum tentu ada yang mengethui kandungan yang ada di Pisang. Jadi Pisang lebih di kenal dengan kandungan kalium di dalamnya, buah berkulit kuning ini tergolong sebagai makanan pelancar peredaran darah.

Baca Juga :  Ada Tamu Harap Lapor Dulu ke RT

Ini karena dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan menurunkan tekanan darah. Faktanya, kalium dapat membantu ginjal mengeluarkan natrium berlebih dari dalam tubuh Anda melalui urine. Ini pada akhirnya dapat membantu mengoptimalkan laju peredaran darah di dalam tubuh.

 

Selain makanan diatas masih banyak lagi makanan yang dapat melancarkan peredaran darah, namun semua itu tetap harus di makan secara rutin.(RED)