Tanaman Yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Discovery, Serba Serbi
sayur kangkung untuk musim hujan , tanaman saat musim hujan , tanaman untuk musim hujan

LamanQu.id – Musim hujan telah tiba saatnya para jamur dan bakteri dengan mudahnya berkembang biak, bukan tanpa sebab melainkkan karena jamur dan bakteri memang aktif di tempat yang lembap dan basah.

Selain itu tanaman yang tergenang air dapat menyebabkan pembusukan yang terjadi begitu cepat sehingga hal ini mempengaruhi proses pertumbuhannya.

Agar tidak membusuk, saat bercocok tanam di musim hujan, tanamlah tanaman-tanaman yang membutuhkan banyak air sepanjang masa hidupnya atau tanaman yang butuh banyak air di awal masa tanamnya.

Berikut ini ada beberapa tanaman yang cocok untuk ditanam pada musim hujan, diantaranya :


  1. Sayur Genjer

Sayur genjer, tanaman yang hidup di air

Sayur genjer adalah salah satu tanaaman yang paling cocok di tanam saat musim hujan, bahkan tidak harus saat musim hujan, asalkan di tanam di tanah berair seperti sawah atau rawa, genjer sudah dapat tumbuh.

Selain itu sayur ini memiliki rasa yang enak saat ditumis atau pun sebagai sayur pelengkap pecel, sementara itu jika ingin bercocok tanam sayur genjer, cukup cari bibit genjer yang tumbuh di alam liar. Anakan genjer dapat ditanam di lahan sawah dengan jarak 20-30 cm dan berikan pengairan yang cukup..

  1. Sayur Kangkung

sayur kangkung, tanaman yang cocok saat musim hujan

Sayur kangkung merupakan sayur yang digemari banyak orang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadikannya masakan yang enak, mulai dari direbus saja hingga ditumis.

Bahkan Sayur Kangkung terkenal dengan julukan cah kangkung dan sangat familiar di tempat makan Pecel Lele.

Sayur kangkung sangat tepat ditanam di musim hujan karena setelah penanaman, sayur kangkung membutuhkan banyak air, sehingga tidak perlu lagi melakukan pengairan atau penyiraman seperti saat menanam di musim kemarau.

Untuk media tanamnya juga tidak sulit, kangkung dapat di tanam di halaman rumah atau dapat juga di tanam dalam polybag.

  1. Sayur Bayam

Sayur Bayam, Tanaman untuk musim hujan

Bercocok tanam sayur bayam juga dapat dilakukan di musim hujan. Pekarangan rumah pun dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menanam Sayur Bayam.

Sebelum menanam bayam, buatlah bedengan dengan tanah yang gembur. Bagi kamu yang ingin bercocok tanam di pekarangan rumah, bedengan bisa dibuat dengan cara menumpuk bata berkeliling membentuk persegi (seperti membuat kolam), kemudian isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang (1 : 1), dan pastikan kondisinya gembur. Atau bisa pula di pot atau polybag berdiameter 30 cm.

  1. Sawi putih

sawi putih, tanaman untuk musim hujan

Sawi Putih sangat baik ditanam di akhir musim hujan karena sawi putih tidak boleh diberi air yang berlebihan, walau pada awal tanam sawi membutuhkan banyak air.

Tapi untuk fase selanjutnya, sawi akan cepat membusuk jika diberi banyak air, sehingga akhir musim hujan adalah waktu yang tepat untuk menanam sawi putih.

Suhu yang tepat untuk tanaman sawi putih sekitar 19-20 derajat celcius dengan kelembapan udara 80{8683c2092de492d2a190cf7fbc06166f47c1e4e1eec97bd8c795afb1b4b0e460}.

  1. Selada

tanaman musim hujan, selada sayur

Selada biasanya dikonsumsi sebagai pelengkap pada berbagai masakan seperti pada burger atau yang paling sering dijumpai sebagai lalapan pada pecel ayam atau pecel lele. Selada tumbuh baik di dataran tinggi, suhu 15-20 derajat celcius, pH tanah antara 5-6.5.

Selada sebenarnya mudah busuk jika diberi banyak air. Sehingga untuk penanaman waktu yang baik adalah di akhir musim hujan.

  1. Seledri

tanaman seledri, tanaman untuk musim hujan

Seledri tidak membutuhkan banyak air dan rentan busuk jika terkena hujan. Untuk mengatasi hal ini, waktu yang tepat menanam seledri yaitu di akhir musim hujan dan ditanam di polybag.

Saat masuk musim kemarau, akar tanaman seledri telah tumbuh kuat dan tidak gampang tercabut.


Selain tanaman diatas masih banyak lagi tanaman yang cocok untuk di tanam saat musim hujan seperti Daun Bawang dan lainnya. (RED)