Rekomendasi Film Tentang Pahlawan

Entertainment, Film
film kartini , film seokarno , film sultan agung , Hari Pahlawan , rekomendasi film pahlawan , rekomendasi film tentang perjuangan

LamanQu.id – Salah satu hari yang sangat penting bagi rakyat indonesia adalah Hari pahlawan yang dimana jatuh pada 10 November.

Hari tersebut ditujukan untuk mengenang pertempuran di Surabaya yang terjadi pada tahun 1945 silam yang dimana kala itu rakyat Indonesia menunjukkan perlawanan terhadap sekutu yakni tentara Inggris dan Belanda.

Dalam Perlawanan tersebut mencapai puncaknya lewat aksi Bung Tomo yang merobek warna biru pada bendera Belanda di Hotel Oranye, sehingga menyisakan dua warna yakni merah dan putih.

Tidak lama berselang, gerakan-gerakan dalam melawan penjajah mulai bermunculan di berbagai kota di Indonesia.

Berikut ini ada beberapa film yang bertemakan tentang pahlawan untuk kembali mengingat semangat para pahlawan di hari pahlawan yang jatuh pada hari Selasa (10/11/2020).


  1. Sultan Agung

    Film ini adalah salah satu film yang cukup laris dan diminati oleh para pencinta film sejarah, disamping itu film Sultan Agung menyajikan tentang perebutan Tahta dan Cinta yang tentunya menjadi pilihan menarik untuk merayakan hari pahlawan.

  2. Kartini

    Film yang menceritakan kisah nyata perjuangan Kartini di Indonesia awal 1900, Kala itu wanita tidak diperbolehkan memperoleh pendidikan tinggi, bahkan untuk para Ningrat sekalipun, termasuk Raden Ayu Kartini.

    Namun seperti yang di jelaskan pada buku sejarah, kalau kartini berhasil membuat kaum wanita memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan.

  3. Soekarno

    Film yang rilis pada 11 Desember 2013 cukup membuat terharu, karena perjuangan dalam merebut kemerdekaan oleh para pahlawan benar-benar sulit.

    Dalam film ini, sedikit menceritakan kisah hidup sang proklamator dimulai dari perjuangan dalam memberanian diri untuk berorasi hingga menjadi seorang yang di akui.

  1. Sang Pencerah

    Film ini berlatar belakang Yogyakarta pada akhir 1800-an, yang dimana film ini menceritakan tentang perjuangan Ahmad Dahlan dalam membentuk organisasi Muhammadiyah dengan tujuan mendidik umat Islam agar berpikiran maju sesuai dengan perkembangan zaman.

  1. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

    Film yang menceritakan kisah HOS Tjokroaminoto dalam membangun organisasi Sarekat Islam, organisasi resmi bumiputera pertama terbesar, yang mempunyai sampai dua juta anggota. Ia berjuang untuk menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera yang terjajah. Perjuangan ini menjadi awal lahirnya tokoh dan gerakan kebangsaan.

Demikian referensi film tentang pahlawan, semoga nilai nasionalisme semakin tumbuh dan dapat selalu mengenang jasa para pahlawan.(RED)