IKA UKMC Gelar Bakti Sosial di Masa Pandemi

News, Sumsel
Bakti Sosial , Dinas Catatan Sipil , Pemulihan Ekonomi Nasional , program masyarakat sehat

Palembang, LamanQu.idIkatan Alumni Univesitas Katolik Musi Charitas (IKA-UKMC) bekerjasama dengan Lintas Aktivis Antar Generasi Indonesia (LAAGI), serta Yayasan Pondok Kasih (YPK) melakukan kegiatan sosial pemeriksaan, pengobatan dan gerakan Indonesia Sadar Administrasi, yang berlokasi di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan IB I, Kecamatan IB II, Kecamatan Bukit Kecil di Kota Palembang, Selasa (10 /11/2020).

Acara tersebut dihadiri Wakasat Bimmas Polda Sumsel AKBP. Nofra Weldi, S.H., yang didampingi oleh Dok. Kes. Polda Sumsel, Dr. Triana, dan Ketua LAAGI, Sukma Hidayat, Serta Sekretaris YPK, Riska Johanes, membuka langsung Acara Bakti Sosial yang diselengarakan di RT 32 dan RT 33 RW 09 Halaman Parkir Blok 23 Jl.Tuah Pati Naya (belakang PIM) Kelurahan 24 Ilir Kecamatan Bukit Kecil Palembang.

Bakti Sosial, Pemeriksaan, Pengobatan Dan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi ini mendapat dukungan dari RS Siloam, DokKes Polda Sumsel, Unit Kes. Polrestabes Palembang, dan Pemerintah daerah Maupun Pemerintah setempat yang dimana dalam hal ini adalah pihak dari kelurahan dan kecamatan serta RT.

Ketua RT 33 Abusta mengatakan, acara bakti sosial ini terlihat banyaknya antusias masyarakat yang hadir dalam kegiatan Pemeriksaan, Pengobatan Dan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi.

“Karena selama ini memang masyarakat kurang merima pelayanan yang maksimal untuk administrasi kepemerintahaan Seperti pembuatan akte lahir, Kartu Keluarga, dan Kartu Tanda Penduduk. Entah apa masalahnya sehingga masyarakat sulit untuk menyelesaikan administrasi tersebut,” ujarnya.

Abusta berharap mudah-mudahan dengan adanya kerjasama seperti ini, masyarakat akan di fasilitasi dalam pengurusan administrasi kepemerintahan.

Riska Johanes, yang merupakan Sekretaris Ikatan Alumni Univesitas Katolik Musi Charitas (IKA-UKMC) menambahkan, pogram ini merupakan, Program yang di canangkan Pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Pusat dan Kapolri untuk percepatan pencegahan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, operasi masyarakat sehat, dan penertiban administrasi.

Riska Johanes menuturkan, dalam kegiatan sosial sekaligus pemeriksaan, pengobatan dan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi, dimasa Pandemi ini, masyarakat dapat lebih mementigkan kesehatannya.

“Saya berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Palembang, selain dalam mencegah penyebaran Covid -19, juga untuk menjalankan perintah pimpinan Polri melalui Kapolda Sumsel serta Kapoltabes Palembang, untuk terus gencar laksanakan kegiatan pencegahan Covid -19 yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” bebernya.

“Kami berharap kepada masyarakat untuk patuh akan anjuran protokol kesehatan walaupun saat ini kita sudah mulai beraktifitas seperti biasa,” tegasnya.

Pimpinan Cabang Yayasan Pondok Kasih Herman Kario mengucapkan, terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah bekerjasama dalm hal bakti sosial yang dilakukan pada saat ini.

“Terima kasih juga atas dukungan dari RS Siloam, Dok Kes.Polda Sumsel, Unit Kes. Polrestabes Palembang, dan pemerintah daerah maupun pemerintah setempat yang dimana dalam hal ini adalah pihak dari Kelurahan dan Kecamatan serta RT.

“Antusias masyarakat yang hadir dalam kegiatan bakti sosial ini sangat tinggi, terutama bagi mereka yang ingin mengurus admistrasi kepemerintahaan seperti Kartu Keluarga, Akte Lahir dan Kartu Tanda Penduduk,” paparnya.

Herman Kario berharap juga dengan Dinas Catatan Sipil Kota Palembang agar bisa memperlancar segala urusan mengenai administrasi, tentunya dengan syarat dan ketentua yang berlaku. “Kita berharap masyarakat juga berperan dalam program masyarakat sehat, tertib administrasi,” pungkasnya. (Yanti)