Profil dan Biografi Band Peterpan, Hingga Menjadi Noah

  • Whatsapp
Peterpan, Profil Peterpan, Profil Noah, Profil Band Indonesia

LamanQu.id – Nama Peterpan menempati papan atas tangga lagu musik Indonesia, band yang digawangi oleh Ariel, Reza, Uki, Lukman, Indra, dan Andika ini pertama kali terbentuk pada 1 September 2000.

Adapun formasi band peterpan kala itu Andika (keyboard), Ariel (vokal), Uki (gitar), Lukman (gitar), Indra (bass), dan Reza (drum).

Bacaan Lainnya

Saat itu mereka membawakan musik-musik alternative rock seperti Pearl Jam, Creed, Cold Play dan U2.

Tahun 2001, Peterpan mulai sering tampil reguler dari kafe ke kafe. Melihat penampilan apik mereka di Sapu Lidi, Noey Java Jive yang saat itu sedang mencari lagu untuk album kompilasi tertarik untuk bekerja sama dengan Peterpan.

Baca Juga :  Waw! Baru 2 Hari, "iTunes Single Chart", Lay EXO Tenggeri Posisi Pertama

Debut awal karir peterpan mengeluarkan single “Mimpi Yang Sempurna” yang berhasil masuk album kompilasi KISAH 2002 MALAM.

Lagu ini bahkan ikut merajai tangga lagu radio nasional, kesuksesan ini membuat Musica Studio menggaet Peterpan untuk meluncurkan album perdana mereka.

Tepatnya pada Juni 2003, Peterpan meluncurkan album TAMAN LANGIT yang bergenre pop rock, album ini dirilis di engah lesunya industri musik saat itu.

Meski demikian, album ini mampu menembus penjualan di atas 650.000 kopi, Sebuah prestasi luar biasa bagi band pendatang baru.

Tahun 2004, Peterpan merilis album keduanya yang berjudul BINTANG DI SURGA. Album ini terbilang sukses di pasaran dengan mencacat penjualan 350.000 kopi dalam waktu 2 minggu.

Atas prestasi tersebut, Peterpan mendapat banyak penghargaan antara lain pemenang untuk kategori Band Terbaik, Album Terbaik, Grafis Desain Album Terbaik dan Karya Produksi Terbaik pada AMI Awards 2005, pemenang Album Pop Group Ngetop dan Lagu Paling Ngetop pada ajang SCTV Music Awards 2005. Dalam kancah musik internasional, Peterpan juga menyabet penghargaan sebagai Artis Favorit Indonesia dalam MTV Asia Aid 2005.

Baca Juga :  Lirik Lagu dan Kunci Gitar Armada - Pulang Malu tak Pulang Rindu

Namun, pertengahan tahun 2006, Peterpan memutuskan untuk rehat dan menyiapkan album ke3.

Namun di tengah jalan, Peterpan mendapat guncangan internal, pada Tahun 2006, Indra dan Andika keluar dari Peterpan karena perbedaan visi.

Setelah vakum hampir setahun, Peterpan akhirnya merilis album ketiga, HARI YANG CERAH di tahun 2007. Album ini merupakan album terakhir Ariel dan kawan-kawan dengan nama Peterpan.

Tahun 2010, Peterpan kembali diguncang dengan kasus video asusila sang vokalis. 22 Juni 2010, Ariel resmi ditangkap dan dijerat hukuman pidana selama 3 tahun 6 bulan. Walau dipenjara Ariel tidak berhenti bermusik.

Baca Juga :  Chord Kunci Gitar Kukatakan dengan Indah

Salah satu lagu yang ia ciptakan yang berjudul Dara dimasukkan ke dalam album instrumen yang dirilis Peterpan pada Mei 2012.

Dalam album yang berjudul SUARA LAINNYA ini, Uki, Lukman dan kawan-kawan menggandeng Momo Geisha untuk menyanyikan kembali lagu Peterpan berjudul Cobalah Mengerti.

Akhirnya 23 Juli 2012, Ariel resmi dibebaskan dengan status bebas bersyarat, seminggu setelah bebasnya Ariel, band ini meresmikan nama baru mereka yaitu Noah. Nama ini dipilih karena terkesan simpel, membuat orang nyaman dan damai.

Nama Noah sebenarnya telah disiapkan sejak tahun 2010, namun masih menunggu momen yang tepat untuk mengumumkannya ke publik.

Akhirnya kini nama Peterpan menjadi legenda musik Indonesia, dan digantikan dengan Noah yang digawangi Ariel, Lukman, dan David dengan instrumen musik berbeda namun masih berciri khas Peterpan.(all)

banner covid-19, promosi pemkot, banner pemkot sumsel
waspada kebakaran, larangan membakar hutan, kebakaran hutan, banner karhutbunlah,

Pos terkait